PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN LITERASI SAINS DALAM RANGKA MENDESKRIPSIKAN PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF SCIENCE LITERACY ASSESSMENTS IN DESCRIPTION OF SCIENCE LITERACY PROFILES FOR CLASS VIELEMENTARY SCHOOLSTUDENTS
Kemajuan sains dan teknologi di berbagai negara pada abad 21 sudah semakin pesat. Pengukuran literasi sains sangat penting untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik. Penyusunan instrumen tes yang berbasis literasi sains merupakan salah satu upaya untuk mengukur kemampuan literasi siswa pada bidang sains.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen literasi sains yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa kelas VI sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut juga dengan 4D (Define, Design, Development, Desimination). Produk akhir dalam penelitian pengembangan ini adalah Instrumen Asesmen Literasi Sains.
Instrumen ini untuk mengukur kemampuan literasi sains yang telah dinyatakan valid dan layak oleh pakar sejumlah 20 butir soal. Hasil validitas isi dan konstruksi tes oleh Tim Pakar mendapat rerata persentase dengan kriteria “Sangat valid”. Hasil tanggapan siswa dan guru terkait kepraktisan instrumen tes berada pada kategori “Sangat baik”. Hasil uji empiris, bisa didapatkan data 19 soal dinyatakan valid dan 1 soal tidak valid. Hasil uji Validitas Prediktif dengan r hitung 0,596 yang jauh dari angka 1 dengan tingkat validitas “Cukup”. Hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,768 dengan kriteria indeks reliabilitas “Tinggi”.
Keefektifan instrumen tes berada pada kategori efektif mampu mengungkap atau menjenjangkan kemampuan literasi sains siswa SDN Prajuritkulon 2, SDN Prajuritkulon 3, dan SDN Mentikan 2 Kota Mojokerto. Penggolongan profil literasi sains berdasarkan indikator PISA 2015 menjadi tiga, yakni Menjelaskan Fenomena Ilmiah, Evaluasi dan Desain Identifikasi Ilmiah, serta Interpretasi Bukti dan Data Ilmiah. Secara keseluruhan profil literasi sains siswa pada kategori “Sangat rendah” sejumlah 32 siswa, kategori “Rendah” 24 siswa, kemampuan “Sedang” sejumlah 21 siswa, kategori “Tinggi” 18 siswa, dan pada kategori “Sangat tinggi” sejumlah 5 siswa. Dengan demikian instrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains kelas VI jenjang sekolah dasar.
The progress of science and technology in various countries in the 21st century is increasingly rapid. Measurement of scientific literacy is very important to determine the scientific literacy ability of students. As an effort to improve the quality of education in Indonesia. The preparation of test instruments based on scientific literacy is one of the efforts to measure students' literacy skills in the field of science.
The purpose of this study was to develop a valid and reliable scientific literacy assessment instrument to measure the scientific literacy ability of sixth grade elementary school students. The research method used in this study is the research and development method or often referred to as 4D (Define, Design, Development, Desimination). The final product in this development research is the Scientific Literacy Assessment Instrument.
This instrument is to measure scientific literacy ability which has been declared valid and feasible by experts with a total of 20 items. The results of the validity of the test instrument by Content and Construction Validity experts got an average percentage with the "Very valid" criteria. The results of student and teacher responses regarding the practicality of the test instrument are in the "Very Good" category. The results of the empirical test, it can be obtained that 19 questions are valid and 1 question is invalid. Predictive Validity test results with r arithmetic 0.596 which is far from number 1 with a validity level of "Enough". The results of the reliability coefficient of 0.768 with the criterion of the reliability index "High".
The effectiveness of the test instrument is in the effective category of being able to reveal or level the scientific literacy abilities of students at SDN Prajuritkulon 2, SDN Prajuritkulon 3, and SDN Mentikan 2 Kota Mojokerto. The classification of scientific literacy profiles based on the 2015 PISA indicators into three, namely Explaining Scientific Phenomena, Evaluation and Scientific Identification Design, and Interpretation of Scientific Evidence and Data. Overall, the scientific literacy profile of students in the "Very Low" category is 32 students, the "Low" category is 24 students, the ability "Medium" is 21 students, the "High" category is 18 students, and in the "Very High" category 5 students. Thus the test instrument developed can be used to measure the scientific literacy ability of grade VI elementary school level.