KAJIAN TENTANG PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN ANAK TUNAGRAHITA
STUDY ON THE USE OF VISUAL MEDIA FOR LEARNING TO RECOGNIZE THE NUMBER CHILDREN WITH INTELLECTUAL DISABILITY
Hambatan intelektual di bawah rata-rata yang dimiliki oleh anak tunagrahita mengakibatkan keterbatasan pada kegiatan akademik yang ditandai lambannya anak tunagrahita dalam memproses pembelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Salah satu pembelajaran yang cukup sulit bagi anak tunagrahita yaitu pembelajaran mengenal bilangan. Pembelajaran mengenal bilangan penting untuk diberikan kepada anak tunagrahita karena dapat digunakan sebagai sarana untuk memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan pada pembelajaran mengenal bilangan anak tunagrahita ialah media visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan media visual untuk pembelajaran mengenal bilangan anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dengan menelaah berbagai temuan kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Beberapa hasil dari analisis penelitian yang relevan menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak tunagrahita.
Kata Kunci : media visual, mengenal bilangan, tunagrahita
Intellectual barriers below the average possessed by mentally retarded children result in limitations in academic activities which are marked by the slowness of mentally retarded children in processing the learning they get at school. One of the most difficult lessons for mentally retarded children is learning to recognize numbers. Learning to recognize numbers is important to give to mentally retarded children because it can be used as a means to solve problems of everyday life. Learning media that can be used in learning to recognize the numbers of mentally retarded children is visual media. The purpose of writing this article is the use of visual media on the ability to recognize numbers of mentally retarded children. This study uses a literature review method by examining various findings and then analyzing them with qualitative descriptive techniques. Several results from the analysis of relevant research indicate that there is a significant effect on the ability to recognize numbers for children with mental retardation.
Keywords : visual media, recognize number, mental retardation