ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam lingkup pendidikan erat kaitannya dengan kurikulum, dimana kurikulum saat ini mencanangkan peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru mata pelajaran fisika SMA, mengatakan bahwa kemampuan berpikir peserta didik dipengaruhi oleh stimulus yang diberikan, artinya peserta didik akan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi jika stimulus yang diberikan sesuai dengan kondisi dan keinginan yang ada pada peserta didik, namun peserta didik akan memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah jika stimulus yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi dan keinginan pada peserta didik. Lanjut menurut guru di SMA, peserta didik cenderung lebih suka mencari sumber informasi melalui gadget dari pada buku cetak yang ada, namun belum ada media pembelajaran ebook yang memadukan antara suara, gambar, animasi maupun video yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik. Dari infomasi di atas, maka peneliti memberikan alternatif solusi berupa pengembangan ebook high order thinking skils untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X pada materi impuls dan momentum dengan tujuan untuk menghasilkan ebook yang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektivitasannya. Ebook dikatakan layak apabila persentasenya ≥ 61%. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan ebook, lembar pengamatan untuk mengetahui kepraktisan dan penilaian tes untuk mengetahui keefektifan. Terdapat 28 peserta didik kelas X sebagai sasaran penelitian. Dari hasil penilaian dinyatakan bahwa ebook yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang ditinjau berdasarkan validitas, kepraktisan, dankeefektifannya.
ABSTRACT
Education is one of the means to improve the quality of human resources. In the scope of education is closely related to the curriculum, where the current curriculum proclaims students have high-level thinking skills (HOTS). Based on interviews conducted by researchers against physics subject high school teachers, said that students' thinking skills are influenced by the stimulus given, meaning that students will have high-level thinking skills if the stimulus given is in accordance with the conditions and desires of the students, but students will have low-level thinking skills if the stimulus provided is not in accordance with the conditions and desires of the students. Furthermore according to the teacher at the school, students tend to prefer to find information sources through gadgets rather than existing printed books, but there is no ebook learning media that combines sound, image, animation and video that is used to improve participants' high level thinking skills student. From the information above, the researcher provides an alternative solution in the form of developing high order thinking skils to improve the high-level thinking of class X students on impulse and momentum material in order to produce a proper ebook in terms of validity, practicality and effectiveness. Ebooks are said to be feasible if the percentage is 61%. This research is a type of development research that uses the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The data collection technique is in the form of a validation sheet that is used to determine the level of validity of the ebook, the observation sheet to determine the practicality and assessment of tests to determine effectiveness. There were 28 students of class X as the research target. From the results of the assessment it is stated that the ebook developed is suitable to be used as a learning media which is reviewed based on its validity, practicality, and effectiveness.