PENGEMBANGAN MEDIA METAMORPUZZLE BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SD
THE DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED METAMORPUZZLE MEDIA IN SCIENCE LEARNING ON ANIMAL LIFE CYCLE MATERIALS OF FOURTH GRADER STUDENTS
Pembelajaran daring dilaksanakan dikarenakan akibat dari pandemi covid 19 menjadikan pembelajaran dilakukan dirumah melalui handphone yang megakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Untuk mejadikan siswa belajar dengan pemahaman tentang materi diperlukan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Media pembelajaran MetamorPuzzle merupakan media yang berupa materi dan game yang berbasis smartphone android. Dalam media MetamorPuzzle terdapat materi mengenai daur hidup hewan yang berada di lingkungan sekitar dan terdapat permainan puzzle tahapan daur hidup hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media MetamorPuzzle menjadi media yang layak yaitu valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi daur hidup hewan siswa kelas IV SD. Penelitian ini masuk kedalam jenis penelitian Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang memiliki 10 tahap penelitian kemudian di sederhanakan menjadi 7 tahap, yaitu potensi dan masalah,pengumpulan data,desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk skala kecil dengan 8 siswa kelas IV dan revisi akhir. Jenis data penelitian yaitu kuantitatif didapatkan dari lembar validasi ahli, responden, dan pretest-posttest yang menggunakan N-Gain dan kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dengan guru, siswa, saran dari ahli media dan ahli materi. Media MetamorPuzzle memperoleh tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid sebesar 98% melalui uji validasi media dan 82% melalui uji validasi materi. Tingkat kepraktisan sebesar 96,6% hasil angket respon guru dan 98,8% dari angket siswa pada uji coba produk yang berarti sangat praktis untuk digunakan.Dan tingkat keefektifan sebesar 87,5% dan nilai rata-rata N-Gain 0,62 dengan kategori peningkatan hasil belajar yang sedang dan sangat efektif digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MetamorPuzzle pada materi daur hidup hewan dapat dinyatakan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: pengembangan media, media MetamorPuzzle, Daur hidup
Online learning is carried out due to the consequences of the Covid 19 pandemic which makes learning carried out at home via cellphones which results in a lack of student understanding of the material being taught. To make students learn with an understanding of the material required learning media that is interesting and fun. MetamorPuzzle learning media is a media in the form of materials and games based on Android smartphones. In the MetamorPuzzle media, there is material about the life cycle of animals in the surrounding environment and there are puzzle games for animal life cycle stages. This study aims to develop the MetamorPuzzle media into a viable medium that is valid, practical and effective in improving the learning outcomes of animal life cycle material for fourth grade elementary school students. This research is included in the Research and Development (R&D) type of research by Borg and Gall which has 10 stages of research which are then simplified into 7 stages, namely potentials and problems, data collection, product design, product design validation, product design revision, product testing. small scale with 8 fourth grade students and final revision. This type of research data is quantitative obtained from expert validation sheets, respondents, and pretest-posttest using N-Gain and qualitative results obtained from interviews with teachers, students, suggestions from media experts and material experts. The MetamorPuzzle media obtained a validity level with a very valid category of 98% through the media validation test and 82% through the material validation test. The practicality level is 96.6% of the results of the teacher's response questionnaire and 98.8% of the student's questionnaire on the product trial which means it is very practical to use. And the effectiveness level is 87.5% and the average N-Gain value is 0,62 with categories of improvement in learning outcomes that are being and are very effective in use. The results showed that the MetamorPuzzle media on animal life cycle materials could be declared fit for use.
Keywords: media development, MetamorPuzzle media, Life cycle