Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada jasa cuci motor mandiri.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel non probability sample dengan pendekatan accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, dan Uji Heteroskedastisitas. Dan pengumpulan data menggunakan angket pada pelanggan cuci motor mandiri.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 3, 542. Dan pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan sebesar 3,333.
Kata kunci : kualitas pelayanan, fasilitas, kepuasan pelanggan
The purpose of this study was to determine the effect of service quality and facilities on customer satisfaction in independent motorbike washing services.
The research method used in this research is quantitative descriptive research, with the sampling technique using non- probability sampling method with an accidental sampling approach. The data analysis technique used in this study was using the Classic Assumption Test, Normality Tes, Multycollinearity Tes. And data collection uses a questionnaire on Mandiri motorbike washing customers.
The result of this study indicate that service quality has a significant effect on customer satisfaction of 3,542. And the effect of facilities on customer satisfaction is 3,333
Keywords : service quality, facilities, customer satisfaction