Kata kunci: mengajar alternative, bicara, teks descriptive, dan permainan tebakan.
Salah satu aspek yang paling penting dalam pelajaran bahasa inggris adalah berbicara. Lebih dari itu, ‘’ Berbicara adalah suatu proses pembangunan dan pembagian arti bahasa melalui penggunaan dari secara lisan dan lambang tidak lisan, pada suatu macam-macam konteks.’’ (Chaney, 1998, p. 13).
Peneliti menggunakan angkatan tujuh pada sekolah menengah pertama sebagai subjek. Peneliti memilih SMP AL-AZHAR Menganti Gresik ke mengadakan penelitian. Pada belajaran ini, murid angkatan tujuh harus belajar mendeskripsikan teks, khususnya, menggambarkan sesuatu di sekitar lingkungan kita dan menggambarkan benda’’. Sebelum pembelajaran descriptive teks, murid harus mempersiapkan macam-macam kosa kata, seperti suatu kamus.
Salah satu pengajaran alternative digunakan pada mengajar bicara adalah teknik permainan ‘’tebakan’’ diharapkan menjadi aktif pada aktifitas di kelas. Permainan tebakan adalah yang mana diadopsi dari suatu televisi dan permainan radio dapat menciptakan proses belajar mengajar pada situasi berdasarkan pada kegembiraan siswa bermain permainan. Demikian siwa-siswa banyak keberanian pada berfikir apa yang mereka ingin di katan.
Melalui permainana tebakan, siswa-siswa menghasilkan dengan suatu kumpulam disusun dengan baik aktifitas-aktifitas sebagai berikut: sesuatu gambar benda adalah ditunjukkan kepada ketua; sebagai ketua menceritakan sesuatu petunjuk kepada tim yang benda adalah peralatan rumah tangga, pakaian, kendaraaan dan barang-barang lainnya. Menemukan jawaban benda apa itu, tim harus meminta pertanyaan-pertanyaan iya atau tidak kepada sang ketua, misalnya ‘’ apakah ini membantu kita?’’ oleh karena itu, ketua mengikuti hanya berkata ‘iya’ atau ‘tidak’. Tim akan mendapatkan nilai kalau mereka menerbak jawaban deng dua puluh pertanyaan-pertanyaan atau lebih.
Pengajaran alternative dengan permainan. Permainan adalah cara dari guru kepada siswa yang membuat pembelajaran adalah menyenangkan. Selain itu, sangat membantu untuk penggunaan permainan karena siswa tidak dibosankan, dan membuat tantangan belajar sehingga bisa semua siswa tentang motivasi semangat untuk pembelajaran bicara bahasa inggris. Teknik permainan tebakan yang telah digunakan peneliti pada kasus ini, berdasarkan kasus Alex, Permainan tebakan adalah permainan pada yang mana tebak beberapa macam informasi, meliputi: suatu kata, beberapa susunan kata, sesuatu kecil, dan lokasi benda. Dan pada penelitian ini, penulis membuat batas untuk permainan hanya untuk bermain tebakan benda-benda sekitar kita.
Peneliti mengunakan deskriptif kualitatif pada pembelajarannya. Pada tingkatan tujuh intensif A SMP AL-AZHAR MENGANTI adalah sebagai subjek pada pengamatannya. Selain itu, peneliti menggunakan pengamatan dengan menggunakan transkip sebagai teknik koleksi data pada pengambaran penerapan permainan tebakan mengajar bicara deskripsi teks, peneliti juga menggunakan angket.
Berdasarkan pada latar belakang belajar, kasus ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana penggunakan permainan tebakan untuk mengajar bicara pada pembelajaran deskriptif teks adalah dan juga untuk mengetahui pendapat apa melanjutkan penggunakan permainan tebakan untuk mengajar bicara pada pebelajaran deskriptif teks adalah. Data adalah dianalisis dengan kualitatif.
Suatu metode kualitatif telah digunakn pada data pada bentuk kata-kata dan gambar-gambar. Percobaan data pada tingkatan 7 GGT / Teknik Bermain Permainan tebakan berisi 38 siswa. Dengan campuaran 40 % siswa lali-laki dan 60% siswa perempuan. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, peneliti mengamati proses belajar mengajar tiga kali dengan bersama data dari tiga instrument belajar; pengamatan daftar pemeriksaan, angket-angket, dan rekaman suara.
Dari instrument belajar, peneliti mendapatkan hasil yag mana ditunjukan yang pengunaan permainan tebakan mengajar bicara pada pembelajaran deskripsi teks telah efektif dan mudah diaplikasi pengajaran alternative untuk VII GGT pada SMP Al- Azhar untuk membantu mereka belajar bicara pada deskripsi teks. Murid-murid menikmati belajar bahasa inggris di kelas dan mereka mulai merasa lebih percaya diri dari sebelumnya. Selain itu, angket dan Tanya jawab dinyatakan siswa –siswa mempunyai positif pemikiran tentang penggunaan permainan tebakan mengajar berbicara pada deskriptif teks. Setelah mengumpulkan data, kemudian peneliti menganalisa mereka. Berdasarkan pengamatan, dia menemukan yang diterapkan guru.
Keywords: Alternative teaching, Guessing game, Speaking, Descriptive Text.
One of the most important skill in language teaching English is speaking skills. Moreover, Speaking is "the process of building and sharing meaning through the use of verbal and non-verbal symbols, in a variety of contexts" (Chaney, 1998, p. 13).
The researcher uses seventh graders of junior high school as a subject. The researcher choose SMP AL-AZHAR Menganti Gresik to conduct her research. In this study, the seventh grade student s have to learn describing text, especially describing thing around environment us and describing things. Before learning a descriptive text, student must prepare a kinds of vocabulary, like a dictionary may that can help them.
One alternative technique used in teaching speaking is guessing game technique, in which students are expected to be involved can be actively when the student learn speaking in class activity. Guessing game must be know that it’s adopted from a television and radio game, can create the teaching-learning situation based on the students’ excitement of playing game. Thus, students are much courage in thinking what they want to say.
Guessing game is game that through guessing game, will be provided good advantages therefore a set of well-arranged activity, as follow: an object’s picture is shown to the chairperson : as chairperson tells a clue of the object to the team. The object among other: household tools, clothes, vehicles, or any other stuff. The answer will be finding by the team to guess what the object is, what the do is they should ask yes or no questions to the chairperson, for instance ’’ is it for helping us?’’ Therefore, you to be chairperson just to say ‘yes’ or ‘no’ the game. Every team will be get the point if they can guess answering by having questions or more.
The alternative teaching by the game. Game is a way from teacher to the student that make the learning is fun. Moreover, is very helpful to use game because the student not bored, and make study challenge in order to, it can be until all student about spirit motivated to learn speaking English. Guessing game technique that have been use the researcher in this case, Based on Alex Case, guessing game is game that Unique game as I say, because guess an object with some kind of information, among others : a word, some of word ( a phrase ), a title or the location object. And in this research, the writer made the limitation for the game only for guessing things around us game.
The researcher use descriptive qualitative in her the study. The seventh graders of intensive A in SMP AL-AZHAR MENGANTI are the subjects of her observation. Therefore, the researcher used observation by using transcript as data collection technique describing of implementation guessing game in speaking, researcher used questionnaire.
Based on the background of study, in study aimed identify how it use guessing game to teach speaking in learning descriptive text is and also to know what the opinion towards guessing game in learning is. The data is analyzed qualitatively.
A qualitative method was used since the data in the form of words and pictures. The samples of the data were 7th grade GGT / Guessing Game Technique consist 38 students; by mix male and female students. To answer of research questions, the researcher done the observe in the teaching- learning process three times by gathering the data from three instruments of the study; observation checklist, questionnaire, and audio visual recording.
From the instrument of the study, the researcher obtained the result which was showed guessing game in learning were not effectiveness and applicable alternative teaching for VII GGT of SMP AL- azhar to help them learned speaking descriptive text. The students were enjoyed learning English in the class and they started to feel more confidently than before. Moreover, the questionnaire and interview declare that it make students have positive thoughts about guessing game to teach speaking in descriptive text. After collecting the data, then the researcher analyzed them. Based on the observation, she found that the teacher implementation.