Penelitian ini berangkat dari banyaknya kejadian yang melibatkan masalah pendisiplinan yangterjadi disekolah. Kasus pendisiplinan ini juga terjadi diskeolah SMK YPM 1 Taman Sidoarjo, dengan sekolah yang memiliki tata tertib dan pendisiplinan yang baik tetapi masih memiliki siswa yang melanggar tata tertib. Beragam fakta kegagalan di dunia pendidikan memiliki salah satu factor kenakalan yaitu relasi lingkungan yang gagal menjadikan siswa tumbuh lebih baik. Penelitian akan meneliti bagaimana resistensi kedisiplinan antara siswa dan guru di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo, dengan tujuan untuk menganalisis resistensi apa saja yang ada terkait dengan tata tertib, dan resistensi antara guru dan siswan di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dianalisis dengan teori resistensi dari James C Scott, resistensi merupakan perlawanan yang diakbitkan adanya kekuasaan, resistesi sendiri ada tiga hal yaitu resistensi terbuka, semi terbuka, dan tertutup. Lokasi dari penelitian ini berada di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo. Subjek dari penelitian adalah guru dan siswa, dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawnacara dan observasi. Hasil dari penelitian menjelaskan banyak kadisiplinan yang dilanggar, mulai dari resistensi terbuka seperti protes kepada guru, tidur dikelas, membantah, sedangkan yang tertutub lebih bnayak lagi seperti, tindik, membolos, minum-minuman keras, meorkok, memberikn julukan pada guru, memberikan coretan pada guru di kamar mandi.
This research departs from the number of events involving disciplinary problems that occur at school. This disciplinary case also happened at YPM 1 Vocational School 1 Taman Sidoarjo, with schools that had good discipline and discipline but still had students who violated the rules. Various facts of failure in education have one of the delinquency factors, namely environmental relations that fail to make students grow better. The research will examine how disciplinary resistance between students and teachers at YPM 1 Vocational School Taman Sidoarjo, with the aim of analyzing any resistance that is related to discipline, and resistance between teachers and students at YPM 1 Vocational School Taman Sidoarjo.
This study uses qualitative research analyzed by the theory of resistance from James C Scott, resistance is a resistance caused by the existence of power, resistance itself there are three things, namely open, semi-open, and closed resistance. The location of this study was at YPM 1 Vocational School Taman Sidoarjo. Subjects from the study were teachers and students, using purposive sampling. Data collection techniques used are wawn procedure and observation. The results of the study explained that many disciplines were violated, ranging from open resistance such as protesting to the teacher, sleeping in class, arguing, while the accused were more like, piercing, ditching, drinking, meorkok, giving nicknames to the teacher, giving scribbles on teacher in the bathroom.