Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan proses pengembangan modul berbasis project based learning pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran kelas X Bisnis Daring Pemasaran. 2) menganalisis hasil kelayakan modul berbasis project based learning pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran kelas X Bisnis Daring Pemasaran. 3) menganalisis keefektifan modul berbasis project based learning pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bisnis Daring Pemasaran.4) mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan modul modul berbasis project based learning pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran.
Jenis penelitian yang digunakan ialah research and development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE(Analysis,Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 34 siswa kelas X Bisnis Daring Pemasaran reguler di SMK N 1 Lamongan, dengan menggunakan desain uji coba One - Group Pretest – Posttest Design. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar validasi untuk mengukur kelayakan, soal pretest dan post-test untuk mengukur efetivitas modul, dan angket respon untuk mengetahui respon siswa.
Hasil uji coba dalam penelitian ini yaitu modul yang dikembangkan memperoleh persentase kelayakan 89,2% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai bahan ajar, dengan rincian validasi ahli materi 1 dan 2 sebesar 87,2%, validasi ahli bahasa sebesar 92%, validasi ahli grafis sebesar 93,3%. Efektivitas modul yang dikembangkan dari analisis lembar pretest dan post-test perolehan hasil rata-rata gain score sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan, karena gain score yang diperoleh > 0,3 dan modul yang dikembangkan memiliki pengaruh dan efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Perolehan hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 91,9% dengan kategori sangat layak. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa modul memperoleh respon yang positif dan dinyatakan layak digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Project Based Learning