Exploring EFL Students' Critical Thinking in Academic Speaking Class
Ketika teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin pesat, mahasiswa di perguruan tinggi membutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk mempersiapkan masa depannya setelah menyelesaikan pendidikannya di dunia perkuliahan. Impelementasi kemampuan berpikir kritis untuk mahasiswa dapat dilakukan melalui keterampilan reseptif dan produktif, salah satu keterampilan produktif yang dapat mengaplikasikan kemampuan berpikir kritis ada keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Kemampuan berpikir kritis pada keterampilan berbicara dapat dilakukan melalui presentasi. Mahasiswa diharapkan mampu mempresentasikan infromasi yang telah didapat dengan tujuan menentukan keputusan yang akan dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan bagaimana mahasiswa mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis melalui PowerPoint dan mengaplikasikan kemampuan berpikir kritis di dalam kelas Academic Speaking. Penelitian ini dilakukan di salah satu kelas Academic Speaking di UNESA dan menjadikan 8 hasil PowerPoint mahasiswa sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis tereksplorasi pada hasil PowerPoint mahasiswa melalui metode paraphrase dan merangkum. Selain itu, mahasiswa dapat mengaplikasikan kemampuan berpikir kritis pada kelas Academic Speaking melalui membaca artikel yang akan dipresentasikan dan mempertimbangkan isi artikel yang akan dipresentasikan.
Kata Kunci: berpikir kritis, kelas Academic Speaking, presentasi.
Since ICT development is growing rapidly, higher education students need critical thinking to prepare for their future after graduating from university. The implementation of critical thinking for EFL students can be done through receptive and productive skills, one of the productive skills which can apply critical thinking is speaking skills. The implementation of critical thinking in speaking skills can be done through the presentation. Students must be able to present the information that they have already found to decide what they should do for the next step. The research used descriptive qualitative research to describe how EFL students' critical thinking is explored through their PowerPoint and how EFL students apply critical thinking in Academic Speaking Class. This study took place at one of the Academic Speaking Classes in UNESA with eight students' PowerPoint results as the object of the study. The result showed that critical thinking was explored in students' PowerPoint results through paraphrasing and summarizing strategies. In addition, students applied critical thinking in Academic Speaking Class through reading article journals and considered the context to be presented in front of their friends.
Keywords: critical thinking, Academic Speaking Class, presentation.