Mobile Learning Pemrograman Dasar adalah media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berbentuk aplikasi android. Berbeda pada media pembelajaran pada umumnya, isi pada media ini berisikan materi pembelajaran khususnya mengenai Perulangan dan Fungsi pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan bahasa Javascript. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dari siswa yang telah menggunakan media media pembelajaran berbasis android ini dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android ini.
Hasil dari pada pengujian kevalidan media pembelajaran ini yang dilakukan oleh para validator, menyatakan bahwa media pembelajaran ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase nilai 91,4% untuk validasi media dan 92,2% untuk validasi soal yang terdapat pada media pembelajaran ini. Berdasarkan hasil dari penelitian juga diketahui hasil belajar peserta didik melalui soal-soal pretest dan posttest yang telah diberikan kepada 35 siswa kelas X MM 1 dan MM 2 di SMKN 12 Surabaya, dan menunjukkan bahwa hasil belajar dari peserta didik setelah menggunakan media (postest) mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu dengan rata-rata nilai 90 dibandingkan dengan hasil dari peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran (pretest) yaitu sebesar 73 dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar setelah menggunakan media pembelajaran tersebut.
Kata kunci : Media Pembelajaran Android, Pemrograman Dasar, Hasil Belajar, Respon Siswa
Basic Programming Mobile Learning is a learning media developed by researchers in the form of an android application. Different from learning media in general, the contents of this media contain learning material in particular regarding Repetition and Functions on basic programming subjects with Javascript language. The purpose of this researcher is to find out how the learning outcomes of students who have used this android-based media learning media with students who do not use this Android-based learning media.
The results of testing the validity of learning media conducted by validators, stated that this learning media is categorized as very feasible to be used as a learning media with a percentage of 91.4% for media validation and 92.2% for validating questions contained in learning media this. Based on the results of the study also known the learning outcomes of students through the pretest and posttest questions that have been given to 35 students of class X MM 1 and MM 2 at 12 Vocational High School Surabaya, and show that the learning outcomes of students after using the media (posttest) get better results are with an average value of 90 compared to the results of students before using the learning media (pretest) that is equal to 73 thus researchers can conclude that there are differences in student learning outcomes on basic programming subjects after using the learning media.
Keywords: Android Learning Media, Basic Programming, Learning Outcomes, Student Response