Inovasi Pelayanan Permohonan Salinan Putusan Online (PERSALINAN) di Kantor Pengadilan Negeri Surabaya
Innovation of Online Judgment Copy Request Service (PERSALINAN) at Surabaya District Court Office
Layanan PERSALINAN merupakan inovasi di Pengadilan Negeri Surabaya untuk meningkatkan pelayanan dalam putusan perkara online. Lamanya proses pengambilan putusan di pengadilan, serta banyaknya pengaduan terkait kepengurusan salinan putusan, menjadi faktor terciptanya inovasi Layanan PERSALINAN. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Layanan PERSALINAN berdasarkan faktor keberhasilan inovasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi literatur, serta dokumentasi. Faktor keberhasilan inovasi menggunakan teori enam indikator oleh Arundel et al., (2019). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan PERSALINAN telah berjalan dengan baik sesuai dengan PP No. 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang mana pada tiap prosedurnya telah sesuai dengan apa yang telah ditetapkan, selain itu adanya dukungan pimpinan, kemampuan adaptasi pegawai administrasi layanan putusan perkara, serta mudahnya prosedur pelayanan bagi pengguna dengan memberikan kepastian dan kemudahan pengguna layanan yang telah mendapatkan tingkat kepuasan 80%. Kemudian tujuan, hasil, pendorong dan hambatan adalah untuk meningkatkan publik terkait dengan kepengurusan salinan putusan di Pengadilan Negeri Surabaya berupa regulasi, e-goverment, dan faktor penjaminan pelayanan mutu, sedangkan hambatannya yaitu berupa sarana dan prasarana, anggaran, serta rendahnya kompetensi SDM.
Kata Kunci: pelayanan publik, inovasi pelayanan, PERSALINAN
The PERSALINAN service is an innovation at the Surabaya District Court to improve services in online case decisions. The length of the decision-making process in court, and the number of incoming complaints related to the processing of copies of the decision, are factors for the creation of innovation in childbirth services. Therefore, this research aimed to describe the PERSALINAN service based on the success factors of innovation. The type of research used is descriptive qualitative with data collection techniques, consisting of: interviews, literature studies, and documentation. The innovation success factor uses six indicators proposed by Arundel et al., (2019). The results of the study indicate that the innovation of the PERSALINAN service has been running well following PP. 24 of 2018 concerning Electronically Integrated Business Licensing Services, in which each procedure is following what has been determined, in addition to the support from the leadership, the adaptability of administrative staff for case decision services, and the ease of service procedures for users by providing certainty and convenience for service users. which has obtained a satisfaction rate of 80%. Then the objectives, results, drivers, and obstacles are to improve public services related to the management of copies of decisions at the Surabaya District Court in the form of regulations, e-government, and quality service assurance factors, while the obstacles are in the form of facilities and infrastructure, budget, and low competence of human resources.
Keywords: public service, innovation service, PERSALINAN