Dengan kehadiran media sosial kini, melahirkan sebuah konsep pemasaran low budget high impact. Instagram diminati instansi atau perusahaan sebagai media untuk menaikkan engagement dalam mencapai brand awareness pada target marketnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan media sosial instagram @suroboyobus dalam meningkatkan brand awareness khususnya pada masyarakat Kota Surabaya. Untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pegumpulan data dengan mewawancarai 4 informan yang terdiri dari staff UPTD PTU yang merupakan pengelola Suroboyo bus, staff e-Dishub yang bertindak sebagai admin atau pengelola akun istagram @suroboyobus, dan followers instagram yang juga merupakan penumpang Suroboyo Bus. Berdasarkan hasil wawancara, dokumetasi, dan observasi, adapun strategi pengelolaan instagram @suroboyobus mengunakan model komunikasi The Circular Model of SOME yang dicetuskan oleh Regina Lutrell. Model ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu: Share, Optimize, Manage, dan Engage. Strategi dalam meningkatkan awareness transportasi umum melalui pemilihan konten yang lebih informatif dinilai mampu menaikkan engagement followers dan pengguna instagram lainnya.
Kata Kunci : Pengelolaan Instagram, Suroboyo Bus, Brand Awareness
With the presence of social media now, it gave birth to a low budget high impact marketing concept. Instagram is in demand by agencies or companies as a medium to increase engagement in achieving brand awareness in their market target. This study aims to determine the strategy of managing instagram @suroboyobus social media in increasing brand awareness, especially in the people of Surabaya City. For this reason, this research uses a qualitative descriptive approach with a case study method. The method of collecting data by interviewing 4 informants consisting of UPTD PTU staff who are the managers of Suroboyo Buses, e-Dishub staff who act as admins or managers of @suroboyobus instagram accounts, and instagram followers who are also as a Suroboyo Bus passengers. Based on the results of interviews, documentation, and observations, the management strategy of nstagram @suroboyobus use the communication model The Circular Model of SoMe initiated by Regina Lutrell. This model is divided into four parts, namely: Share, Optimize, Manage, and Engage. Strategies in increasing public transportation awareness through the selection of more informative content are considered to be able to increase the engagement of followers and other Instagram users.
Keywords : Management Instagram, Suroboyo Bus, Brand Awareness