Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari tingkat stres pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2017 sebanyak 116 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik dan tingkat stres yang dianalisis menggunakan anilisis varian (ANAVA) satu jalur. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,118 (p>0,05), artinya menunjukkan bahwa hipotesis tidak ada perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari tingkat stres pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya.
Kata kunci : Prokrastinasi Akademik, Tingkat Stres.
The purpose of this research to make a differentiation test of Universitas Negeri Surabaya, Psychology Departement students’ academic procrastination based on their stress level. Research methodology used in this research based on quantitative research methodology using 116 population. Research instrument used in this research consists of Academic Procrastination Scale, Stress Level Scale and One-Way Analysis of Variance (One-Way ANOVA). The result of our research show that significant value of ANOVA testing have 0,118 value (greater than 0.05). We can conclude that our initial hypothesis become invalid and also there are no difference of academic procrastination based on their stress level in Universitas Negeri Surabaya, Psychology Departement Students.
Keyword : Academic Procrastination, Stress Level.