Pengaruh Potongan Harga dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hypermart Royal Plaza Surabaya
The Effect of Discounts and Bonus Packs on Impulse Buying at Hypermart Royal Plaza Surabaya Consumers
Meningkatnya kebutuhan dan keinginan dikalangan konsumen membuat pola berbelanja konsumen semakin berubah menjadi gaya hidup. Para peritel gencar meningkatkan penjualannya dengan cara mengadakan promosi, salah satunya dengan cara memainkan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga dan bonus pack terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Royal Plaza Surabaya. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 116 konsumen Hypermart Royal Plaza dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linier Berganda. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa variabel potongan harga (X1) dan bonus pack (X2) berpengaruh positif terhadap impulse buying pada konsumen Hypermart Royal. Pada variabel potongan harga (X1) hasil koefisien regresi sebesar 0,700 dan pada variabel bonus pack (X2) koefisien regresi yang dihasilkan sebesar 0,334. Sedangkan pada uji F atau uji simultan diperoleh hasil bahwa variabel potongan harga dan bonus pack berpengaruh terhadap impulse buying, dengan nilai signifikasi sebesar 0,000.
Kata Kunci : Potongan Harga, Bonus Pack, Impulse Buying
Increased need and desire among consumers to make a pattern of shopping consumers increasingly turn into a lifestyle. The retailer trying to boost sales by entering the promotion, one way to play the price. This study aims to determine the effect of price cuts and bonus pack against impulse buying in the consumer Hypermart Royal Plaza Surabaya. Primary data collection was done by distributing questionnaires to 116 consumers Hypermart Royal Plaza by the method of purposive sampling. Data analysis used is Multiple Linear Regression. Based on the analysis of the data was performed, showing that the variable piece price (X1) and bonus pack (X2) has a positive effect on impulse buying on consumers Hypermart Royal. On a variable piece price (X1) the results of a regression coefficient of 0,700 and the variable bonus pack (X2) the regression coefficient produced by 0,334. While the F test or simultaneous test results show that the variable price discounts and bonus packs affect impulse buying, with a significance value of 0,000.
Keywords:. Price Discount, Bonus Pack, Impulse Buying