Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model MORE untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Sains
Developing MORE Learning Tools to Practice Science Communication Skills
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas dari perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran MORE untuk melatihkan keterampilan komunikasi sains yang dikembangkan. Model pembelajaran MORE (Model-Observe-Reflect-Explain) dipilih karena model pembelajaran ini mengarahkan peserta didik untuk menemukan pengetahuannya sendiri serta dapat membantu peserta didik untuk berlatih keterampilan komunikai sainsnya. Jenis penelitian yang digunakana adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan teknik 4-D . Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti terdiri dari pengamatan, tes, dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa (1) validitas perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKPD, handout/modul dan lembar penilaian) dalam kategori sangat baik, (2) keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat baik, kendala-kendala dalam penelitian sebagian besar karena peserta didik masih belum terbiasa menggunakan pembelajaran model MORE dan handout dan LKPD memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dan mudah untuk dipahami, (3) peningkatan hasil belajar kognitif memiliki nilai n-gain yang dalam kategori besar pula. Terdapat pula korelasi yang positif antara hasil belajar kognitif dengan keterampilan komunikasi sains tertulis dan lisan. Keterampilan komunikasi sains tertulis dan lisan peserta didik juga mengalami peningkatan di setiap pertemuan. Respon peserta didik juga termasuk dalam kategori yang sangat baik. Berdasarkan hasil hasil peneltian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan.
This study aims to determine the validity, practicality and effectiveness of the learning tools with the MORE learning model to practice the developed science communication skills. The MORE learning model (Model-Observe-Reflect-Explain) was chosen because this learning model directs students to find their own knowledge and can help students practice their science communication skills. This type of research is development research using 4-D techniques. Data collection techniques used by researchers consisted of observation, tests, documentation and questionnaires. The results obtained are that (1) the validity of the learning tools (syllabus, lesson plans, student worksheets, handouts and assessment sheets) is in a very good category, (2) the implementation of the learning implementation plan (RPP) is very good, the constraints in the research are partly large because students are still not accustomed to using MORE model learning and the readability of worksheet and handouts have a high level of readability and are easy to understand, (3) the increase in cognitive learning outcomes has an n-gain value which is in a large category as well. There is also a positive correlation between cognitive learning outcomes and written and oral science communication skills. Students' written and oral science communication skills also increased at each meeting. Student response is also included in the very good category. Based on the results of the research, it can be concluded that the tools developed are valid, practical and effective so that they are suitable for use.