SURVEI MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI DI SMAN 1 PLEMAHAN SESUAI DENGAN GENDER
SURVEY OF STUDENTS' INTEREST IN VOLLEYBALL LEARNING AT SMAN 1 PLEMAHAN ACCORDING TO GENDER
Minat belajar pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu yang ada di luar diri sendiri. Minat tidak datang secara alami pada seseorang dam sebaliknya, hal berikut dikembangkan di kemudian hari ketika orang tersebut mempunyai keinginan serta hubungan untuk melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu proses komunikasi dimana guru menyampaikan gagasan tertentu kepada peserta didik dengan harapan pembelajaran bisa diterima dengan baik serta berdampak pada pemahaman serta perubahan perilaku. Seperti halnya olahraga bola besar, bolavoli adalah mata pelajaran wajib di sekolah. Gender adalah variabel yang bisa dipakai untuk mempelajari aspek biologis, seperti perbedaan ciri fisik, sikap, serta perilaku antara peserta didik laki-laki serta perempuan. Variabel gender juga mempengaruhi cara berpikir peserta didik mengenai termotivasi ataupun tidaknya belajar, yang selanjutnya akan memicu minat mereka terhadap orang tersebut.
Sampel sebanyak 91 peserta didik dari kelas XI 1, XI 2, XI 3 yang termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan pengolahan data responden penelitian, jumlah peserta didik laki-laki 35,16% dengan total 32 dan peserta didik perempuan 64,84% dengan total 59. Minat peserta didik laki-laki berada di range 100-109, peserta didik perempuan berada di range 150-200. Dari hasil perbedaan rata-rata minat menunjukkan bahwa minat peserta didik laki-laki sebesar 27,99%, peserta didik perempuan sebesar 53,42%, maka perbedaan minat rata-rata sebesar 25,43%. Perolehan uji T-test dari hasil 2-tailed sebesar 0,332 yang berarti lebih besar dari pada 0,05, maka dengan hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa tidak terdapat perbedaan minat yang signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan.
Kata kunci: Minat Belajar, Bolavoli, Gender.
Interest in learning is basically the acceptance of a relationship between oneself and something outside of oneself. Interest does not come naturally to a person and vice versa, the following is developed later on when the person has the desire and relationship to carry out learning. Learning is a communication process where teachers convey certain ideas to students with the hope that learning can be well received and have an impact on understanding and behavioral changes. Like big ball sports, volleyball is a compulsory subject in schools. Gender is a variable that can be used to study biological aspects, such as differences in physical characteristics, attitudes, and behavior between male and female students. The gender variable also affects the way students think about whether or not they are motivated to learn, which will then trigger their interest in that person.
A sample of 91 students from grades XI 1, XI 2, XI 3 were included in this study. Based on the processing of research respondent data, the number of male students is 35.16% with a total of 32 and female students are 64.84% with a total of 59. The interests of male students are in the range of 100-109, female students are in the range of 150-200. From the results of the average difference in interest, it shows that the interest of male students is 27.99%, female students are 53.42%, so the average difference in interest is 25.43%. The T-test results from the 2-tailed results are 0.332 which means it is greater than 0.05, so with these results it can be explained that there is no significant difference in interest between male and female students.
Keywords: Learning Interest, Volleyball, Gender.