THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING USING LIVEWORKSHEET IN THE GERMANY SUBJECT FOR STUDENTS CLASS X AT SMA NEGERI 1 TAMAN
Abstrak
Pandemi Covid-19 telah menghambat aktivitas masyarakat, termasuk pendidikan. Solusi dari pemerintah agar pendidikan dapat terus berlangsung adalah dengan menerapkan pembelajaran daring yang mana hanya memerlukan koneksi internet, gawai, dan pendamping siswa di rumah. Guru sebagai pemimpin proses pembelajaran harus berupaya untuk membantu siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan media Livewoksheet. Liveworksheet merupakan platform yang dapat diakses dengan mudah, serta memberi kemudahan pada guru dalam mengevaluasi proses pembelajaran secara virtual. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan Liveworksheet pada mata pelajaran Bahasa Jerman kelas X di SMA Negeri 1 Taman. Efektivitas merupakan upaya untuk menunjukkan tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan (Handayaningrat, 1996). Metode yang digunakan pada penulisan karya ilmiah ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa angket presepsi siswa dan tes soal, guna mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan dengan Liveworksheet, dengan sumber data berupa angket persepsi dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media Liveworksheet pada mata pelajaran bahasa Jerman di kelas X MIPA 3 di SMAN 1 Taman tergolong efektif. Diketahui dari hasil angket dan hasil belajar yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa mendapatkan rata-rata nilai 8,72 dengan 27 siswa yang tuntas dan 6 siswa belum tuntas.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Liveworksheet, Pembelajaran Bahasa Jerman
Abstract
The Covid-19 pandemic has hampered community activities, including education. The solution from the government so that education can continue is to implement online learning which only requires an internet connection, a device, and a student companion at home. The teacher as the leader of the learning process must strive to help students in order to follow the learning well. One of them is by using Livewoksheet media. Liveworksheet is a platform that can be accessed easily and makes it easy for teachers to evaluate the learning process virtually. This article aims to determine the effectiveness of online learning using Liveworksheet on German language subjects Class X at SMA Negeri 1 Taman. Effectiveness is an attempt to show the level of success in achieving predetermined goals (Handayaningrat, 1996). The method used in writing this scientific paper is a quantitative descriptive instrument in the form of student perception questionnaires and test questions, in order to determine the ability of students after being given treatment with Liveworksheet, with data sources in the form of questionnaires perception and student learning outcomes. The data obtained showed that learning Liveworksheet media on German language subjects in Class X MIPA 3 at SMAN 1 Taman was quite effective. It is known from the results of questionnaires and learning outcomes that show that overall students get an average score of 8.72 with 27 students who completed and 6 students who have not met.
Keywords: Effectiveness, Online Learning, Liveworksheet, German Learning