PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN SE'I SAPIKU SURABAYA
INFLUENCE OF LIFESTYLE, PRICE AND INFLUENCER ON PURCHASE DECISION AT SE'I SAPIKU RESTAURANT SURABAYA
Penelitian ini bertujuan agar dapat menganalisa gaya hidup, harga dan influencer yang membeli seacara langsung di gerai rumah makan Se’i Sapiku Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif yang memakai analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampelnya dengan memanfaatkan nonprobability sampling dan pengambilan data memakai purposive sampling. Dalam penelitian ini memerlukan sebanyak 100 orang responden. Penelitian ini menggunakan konsumen yang sedang berkunjung dan membeli produk di rumah makan Se’i Sapiku Surabaya sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya variabel gaya hidup (X1) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel gaya hidup (X1), variabel harga (X2), dan variabel influencer (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dengan R-Square Adjusted yang dihasilkan sebanyak 82,8% dan sisanya 17,2% dipengaruhi oleh variabel lain.
This study aims to be able to analyze lifestyle, prices and influencers who buy directly at Se'i Sapiku restaurant outlets in Surabaya. The type of research used is quantitative research that uses multiple linear regression analysis. The sampling technique is using non-probability sampling and data collection using purposive sampling. In this study requires as many as 100 respondents. This study uses consumers who are visiting and buying products at the Se'i Sapiku restaurant in Surabaya as a sample. The results of this study indicate that the lifestyle variable (X1) partially has a positive and significant effect on purchasing decisions, while the price variable (X2) partially has no effect on purchasing decisions, and the influencer variable has a positive and significant effect on purchasing decisions (Y). Meanwhile, simultaneously or together, the lifestyle variable (X1), price variable (X2), and influencer variable (X3) have a positive and significant influence on purchasing decisions (Y). With R-Square Adjusted the resulting 82.8% and the remaining 17.2% is influenced by other variables.
Keywords : Lifestyle, Price, Influencer, Purchasing decision.