Strategi Kesopanan Guru dalam Interaksi Kelas EFL
Teachers’ Politeness Strategies in EFL Classroom Interactions
ABSTRAK
Fatmawati, Dina Tri. 2022. Strategi Kesopanan Guru dalam Interaksi Kelas EFL. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing. Pembimbing: ( I) Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., MA, Ph.D and (II) Prof. Drs. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Kata Kunci: Strategi kesantunan, respon siswa, motivasi siswa EFL, interaksi kelas
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kesopanan yang dipakai oleh guru dalam mengajar siswa EFL didalam interaksi kelas dan tipe-tipe yang dipakai oleh guru. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan bagaimana pendapat siswa terhadap memotivasi yang dilakukan guru. Memotivasi siswa EFL melalui strategi kesantunan yang digunakan oleh guru di kelas sangat penting. Tipe strategi kesantunan diterapkan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi kesantunan guru mampu meningkatkan motivasi mahasiswa. Melalui respon siswa dapat diketahui apakah mereka termotivasi atau tidak. Penelitian ini menyelidiki tiga pertanyaan penelitian: (1), strategi kesantunan yang digunakan guru dalam interaksi kelas EFL, (2) respon siswa terhadap yang digunakan guru dalam interaksi kelas EFL, dan (3). Pengaruh strategi kesantunan guru pada motivasi siswa dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan studi pragmatik sebagai pendekatan penelitian,. Fokus utama dari penelitian ini adalah desain kualitatif, dengan ditambahkan beberapa persentase dan angka digunakan untuk mendukung bagaimana strategi kesantunan ini digunakan dalam interaksi kelas. Partisipan penelitian dalam penelitian ini adalah dua orang guru dari kelas yang berbeda beserta siswa sekolah menengah atas kelas 10 semester satu di sebuah sekolah negeri di Jawa Timur. Sumber data utama adalah tuturan guru selama interaksi kelas dan respon siswa terhadap strategi kesantunan guru. Selain itu, mewawancarai siswa juga dilakukan sebagai proses pengecekan respon siswa. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) Strategi kesantunan yang sering dipakai oleh guru adalah positive politeness dengan presentase 60%, negative politeness 33%, Bald-on-recorf politeness 7% dan off record 0% (2) respon siswa terhadap strategi kesantunan guru sangat bervariasi mulai dari reaksi verbal, reaksi nonverbal, reaksi verbal-nonverbal, dan gabungan dari dua reaksi siswa (3) hasil wawancara juga menunjukkan bahwa hampir semua mahasiswa termotivasi untuk berinteraksi di kelas karena strategi kesantunan yang digunakan oleh guru.
Kesimpulannya, penggunaan strategi kesantunan guru mampu memotivasi siswa EFL selama interaksi kelas. Hal ini terlihat dari respon siswa yang bervariasi. Dari semua jenis tipe yang digunakan oleh guru, strategi kesantunan positif paling banyak digunakan dosen untuk memotivasi mahasiswa dalam interaksi kelas. Ditemukan sifat dari strategi kesantunan setiap guru berbeda-beda. Guru pertama cenderung menerapkan strategi kesantunan secara sadar, sedangkan dosen kedua cenderung menerapkan strategi kesantunan secara tidak sadar.
ABSTRACT
Fatmawati, Dina Tri. 2022. Teachers’ Politeness Strategies in EFL Classroom Interactions. Thesis, Study Progam of Language and Literaure Education, Postgraduate Progam of Universitas Negeri Surabaya: Advisor: ( I) Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., MA, Ph.D and (II) Prof. Drs. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Keywords: Politeness Strategies, students’ responses, EFL students’ motivation, Classroom Interactions.
This study aims to determine the politeness strategies used by teachers in teaching EFL students in class interactions and the types used by teachers. This study also aims to determine student responses and how students think about motivating what the teacher does. Motivating EFL students through politeness strategies used by teachers in class is very important. Politeness strategy types are applied to explore how teacher politeness strategies can increase student motivation. Through student responses, it can be seen whether they are motivated or not. This study investigates three research questions: (1), politeness strategies used by teachers in EFL class interactions, (2) student responses to those used by teachers in EFL class interactions, and (3). The influence of teacher politeness strategies on student motivation in the teaching and learning process.
This study uses a pragmatic study as a research approach. The main focus of this research is a qualitative design, with added percentages and numbers used to support how this politeness strategy is used in class interactions. The research participants in this study were two teachers from different classes along with first-semester 10th-grade high school students at a public school in East Java. The main data sources are teacher speech during class interaction and students' responses to teacher politeness strategies. In addition, interviewing students was also carried out as a process of checking student responses. The findings show that (1) the politeness strategy that is often used by teachers is positive politeness with a percentage of 60%, negative politeness with 33%, bald-on-record politeness with 7%, and off record 0% (2) the student's response to the teacher's politeness strategy is very varied from verbal reactions, nonverbal reactions, verbal-nonverbal reactions, and a combination of two student reactions (3) the results of the interviews also showed that almost all students were motivated to interact in class because of the politeness strategies used by the teacher.
In conclusion, the use of teacher politeness strategies can motivate EFL students during class interactions. This can be seen from the varied student responses. Of all the types used by teachers, positive politeness strategies are mostly used by lecturers to motivate students in class interactions. It was found that the nature of the politeness strategy for each teacher was different. The first teacher tends to apply politeness strategies consciously, while the second lecturer tends to apply politeness strategies unconsciously.