Pentingnya penggunaan sebuah media dalam kegiatan belajar mengajar terlebih pada pelajaran IPA, dimana guru diminta untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, rasa ingin tahu dan keterampilan untuk melakukan pengamatan. Peneliti berupaya ingin membantu siswa agar mudah untuk memahami materi perubahan wujud benda dengan menggunakan media KAPAS (Kartu Pasangan) agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Selain itu penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan dari media KAPAS (Kartu Pasangan) pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN Cengkok.
Proses pengembangan ini berdasarkan model pengembangan ADDIE oleh Brach (2009). Adapun prosedur tersebut meliputi 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implentasi), evaluate (evaluasi). Yang diterapkan pada ujicoba perorangan sejumlah 4 orang dan ujicoba kelompok terbatas sejumlah 15 siswa kelas V SDN Cengkok.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dan pembahasan mengenai media KAPAS (Kartu Pasangan) diperoleh hasil bahwa media valid dan layak untuk digunakan yang dilihat pada hasil validasi media dan materi yang diperoleh skor 88% dan materi diperoleh 86% keduanya kategori sangat valid dan dapat digunakan. Dari data kepraktisan media KAPAS (Kartu Pasangan) diperoleh hasil angket guru dan siswa dengan kategori valid dan sangat layak, adapun hasil keterlaksanaan pembelajaran pada ujicoba terbatas diperoleh hasil 87,6 yang dikategorikan sangat baik/ praktis. Keefektifan dari hasil PreTest dan Post-Test dilakukan penghitungan menggunakan t-test, diperoleh nilai thitung atau tempirik 7,317. Taraf signifikansi yang digunakan sebesar 5%, diperoleh ttabel 2,144. Berdasarkan hal tersebut maka thitung7,317 >ttabel 2,144 pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan adanya peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah (tes) menggunakan media KAPAS (Kartu Pasangan).
Berdasarkan penelitian pengembangan media KAPAS (Kartu Pasangan) membantu siswa untuk memahami materi perubahan wujud benda dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cengkok yang telah dilakukan, maka diberikan saran dimana Media KAPAS (Kartu Pasangan) dapat dimanfaatkan sebagai penunjang pembelajaran agar siswa lebih memahami materi perubahan wujud benda dan meningkatkan hasil belajar siswa, perlu dilakukan pengembangan media yang lebih lanjut terkait dengan materi perubahan wujud benda dan melengkapi kekurangan yang ada agar media ini menjadi lebih inovatif dan lengkap, untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat membuat variasi dan mengujicobakan ke kelompok yang lebih besar.
Kata Kunci: Kartu, IPA, Pengembangan
The importance of using a media in teaching and learning activities especially in science lessons, where teachers are asked to develop the ability of students in critical thinking, curiosity and skills to make observations. The researcher seeks to help students to easily understand the material changes in objects using KAPAS media (Match Cards) so that student learning outcomes can increase. In addition, this study aims to determine the validity, practicality, effectiveness of KAPAS media (Match Cards) in material changes in the fifth grade of Cengkok Elementary School.
This development process is based on the ADDIE development model by Brach (2009). The procedure includes 5 stages, namely analysis (analysis), design (design), development (development), implementation (implementation), evaluate (evaluation). Which was applied to individual trials of 4 people and group trials were limited to a number of 15 class V students of Cengkok Elementary School.
Based on the results of the development research and discussion on KAPAS media (Match Cards) the results were that the media were valid and feasible to use which were seen in the results of media and material validation which obtained a score of 88% and the material obtained 86% both categories were very valid and could be used. From the data on practicality of KAPAS media (Match Cards), the results of teacher and student questionnaires were obtained with valid and very feasible categories, while the results of the implementation of learning in limited trials obtained 87.6 results which were categorized as very good / practical. The effectiveness of the results of the PreTest and Post-Test is calculated using the t-test, obtained by the tcount or value 7,317. The significance level used is 5%, obtained t table 2.144. Based on this, thitung7,317> t table 2,144 at a significant level of 5% can be concluded that there is a significant increase before and after (test) using KAPAS media (Match Cards).
Based on KAPAS media development research (Match Cards) helps students to understand the material changes in objects and improve learning outcomes of fifth grade students of Cengkok Elementary School, the suggestion is that the KAPAS Media (Match Cards) can be used to support learning so that students better understand the material changes in the shape of objects and improving student learning outcomes, it is necessary to develop further media related to material changes in the form of objects and complement existing shortcomings so that these media become more innovative and complete, for future researchers are expected to make variations and test to larger groups .
Keywords: Cards, SAINS, Development.