Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Reog Cemandi Kabupaten Sidoarjo
Ethnomathematics Exploration in Reog Cemandi Arts Sidoarjo City
Indonesia memiliki aneka ragam budaya, salah satunya adalah tari tradisional. Unsur-unsur tari yang terdiri dari gerak, kostum, properti, iringan musik, dan pola lantai dapat dikaitkan dengan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar yang berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan aktivitas Matematika sekolah dasar pada kelas awal yang diperoleh melalui eksplorasi budaya Kesenian Reog Cemandi serta mendeskripsikan padangan guru terhadap hasil eksplorasi. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa: (1) terdapat konsep Matematika SD kelas awal pada Kesenian Reog Cemandi yang meliputi bilangan, geometri, dan pengukuran, (2) terdapat aktivitas matematika SD kelas awal pada Kesenian Reog Cemandi yang meliputi aktivitas menghitung, mengukur, menentukan lokasi, merancang, menjekaskan, dan bermain, (3) konsep bilangan, geometri, dan pengukuran yang terdapat pada Kesenian Reog Cemandi dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar Matematika pada SD kelas awal yang berbasis etnomatematika.
Kata Kunci: Reog Cemandi, etnomatematika, bilangan, geometri dan pengukuran, aktivitas matematika
Indonesia has a variety of cultures, one of which is traditional dance. Dance elements consisting of motion, costumes, property, musical accompaniment, and floor patterns can be related to the process of learning mathematics especially in elementary school based on ethnomatematics. This study aims to describe the concepts and activities of elementary school Mathematics in the early grades obtained through exploration of Reog Cemandi and to describe the teacher’s views on the results of the exploration. This study uses a qualitative approach. Sources of data in this study using data from observations, interview, documentation, and literature studies. The result of the study describe that: (1) there are early grade elementary Mathematics concepts in Reog Cemandi which include numbers, geometry and measurement, (2) there are earlye grade elementary mathematics activities in Reog Cemandi which include counting, measuring, locating, designing, explaning, and playing, (3) the concept of number, geometry and measurement contained in ReogCemandi can be used as an alternative source of learning Mathematicz in elementary school with ethnomathematicsbased.
Keywords: Reog Cemandi, ethnomathematics, numbers, geometry and measurement, mathematical activities