PENGARUH SALES PROMOTION, PRODUCT QUALITY, DAN HEDONIC BEHAVIOR PADA IMPULSE BUYING
THE INFLUENCE OF SALES PROMOTION, PRODUCT QUALITY, AND HEDONIC BEHAVIOR ON IMPULSE BUYING
Pandemi menyebabkan transaksi di e-commerce mengalami peningkatan akan produk kesehatan. Di masa pandemi juga pembelian impulsif di e-commerce mengalami peningkatan karena, adanya lockdown dan rasa takut akan kenaikan harga. Penelitian ini berfokus pada pembelian impulsif online yang dipengaruhi oleh promosi penjualan, kualitas produk, dan perilaku hedonis. Jenis pendekatan penelitian yag digunakan, yaitu kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Dalam peneliatan ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan angket online google form. Pengukuran pertanyaan menggunakan skala likert 5 poin. Populasinya bersifat infinite dan jumlah sampel yang terkumpul adalah 197 sampel dan yang sesuai dengan karakteristik responden, yaitu 123 responden. Analisis regresi linear berganda dilakukan untuk analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga variabel bebas, variabel perilaku hedonis mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif konsumen akan produk kesehatan di e-commerce. Variabel lainnya, yaitu promosi penjualan dan kualitas produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif.
A pandemic causes transactions in e-commerce to increase in health products. During the pandemic, impulsive purchases in e-commerce increased due to lockdown and fear of price increases. This research focuses on impulsive online purchases that are influenced by sales promotions, product quality, and hedonistic behavior. This type of research approach is quantitative with a causality research design. This analysis uses primary and secondary data sources. Data collection method using google form. Question measurement using a 5-point Likert scale. The population is infinite, and the number of samples collected is 197, which corresponds to the characteristics of the respondents is 123 respondents—the statistical analysis using multiple linear regression. The research results state that of the three independent variables, the hedonic behavioural variable significantly affects consumers' impulsive purchases of health products in e-commerce. Other variables, namely sales promotion and product quality, has no significant effect on impulsive purchases