Profil Implementasi Inkuiri Bebas Berbantuan PhET dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Cahaya
Profile of Implementation of Free Inquiry Learning Assisted By PhET and Critical Thinking Skills of Senior High School Students on Light Material
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Implementasi Pembelajaran Inkuiri Bebas berbantuan PhET dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Cahaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan tidak menguji hipotesis. Penelitian ini dilakukan pada 111 siswa. Teknik pengumpulan data dalam bentuk kuesioner, wawancara guru, dan tes tertulis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data yang telah diperoleh akan dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa 1) Keterampilan berpikir kritis siswa masih dalam kategori rendah dan menengah. Kategori rendah dengan rentang nilai dari 0 hingga 45 sebanyak 44 siswa dimana laki-laki 15 siswa, dan 29 siswa perempuan, kategori sedang dengan rentang nilai dari 46 hingga 75 sebanyak 63 siswa dimana laki-laki 4 siswa dan 59 siswa perempuan, serta kategori tinggi dengan rentang nilai 75 hingga 100 sebanyak 4 siswa perempuan; 2) Kriteria untuk keterampilan berpikir kritis terendah adalah "evaluasi" dengan nilai rata-rata 1,00; 3) Penerapan model Inkuiri Bebas memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yaitu dengan penerapan inkuiri bebas berbantuan PhET.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Inkuiri Bebas, PhET
This research was conducted to obtain a Free Inquiry Learning Implementation Profile assisted by PhET and Critical Thinking Skills of Senior High School Students on Light Material. The type of this research is descriptive preliminary research and does not test the hypothesis. The research subjects consisted of 111 students. Data collection techniques in a form of questionnaires, teacher interviews, and written tests which has been tested for validity and reliability. Then the data that has been obtained will be analyzed descriptively qualitatively. Based on the study results, findings in the form of 1) The ability of critical thinking skills of students in the low and medium category. The low category with a range of grades from 0 to 45 as many as 44 students where male 15 students, and 29 female students, the medium category with a range of grades from 46 to 75 as many as 63 students where male 4 students and 59 female students, and high category with a range 75 to 100 as many as 4 female students; 2) Criteria for the lowest critical thinking skills is “evaluation” with an average value of 1.00, 3) The implementation of the free inquiry model has the potential to improve student’s critical thinking skills. It can be concluded if the critical thinking skills possessed by students are low, so it is necessary to increase student’s critical thinking skills, namely by the implementation of free inquiry assisted by PhET.
Keywords: Critical Thinking Skill, Freee Inquiry, PhET