MANAJEMEN DAN STRATEGI PEMASARAN SANGGAR TARI NETHER KOLENANG DI SUMENEP
MANAGEMENT AND MARKETING STRATEGY OF SANGGAR TARI NETHER KOLENANG IN SUMENEP
Kata Kunci: Sanggar Tari Nether Kolenang, Manajemen, Strategi Pemasaran.
Di daerah Sumenep terdapat banyak sanggar tari, namun beberapa diantaranya mengalami kepunahan karena tidak dapat bersaing dengan sanggar lain. Sanggar Tari Nether Kolenang yang didirikan oleh Devi Mardiana merupakan salah satu sanggar tari yang masih aktif sampai saat ini. Hal tersebut dikarenakan penerapan manajemen dan strategi pemasaran yang baik dalam Sanggar Tari Nether Kolenang untuk mengkomunikasikan produk atau jasa yang dimiliki kepada masyarakat.
Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana manajemen yang diterapkan dalam Sanggar Tari Nether Kolenang?, dan 2) Bagaimana bentuk strategi pemasaran yang diterapkan dalam Sanggar Tari Nether Kolenang?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian berada di Sanggar Tari Nether Kolenang, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa Sanggar Tari Nether Kolenang menerapkan manajemen kekeluargaan dalam pelaksanaannya. Beberapa tahapan fungsi manajemen yang diterapkan adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Langkah-langkah dalam melakukan strategi pemasaran yang dilakukan Sanggar Tari Nether Kolenang dengan melakukan kegiatan periklanan, promosi, hubungan masyarakat dan pengembangan kampanye promosi dengan bauran promosi (promotion-mix). Dengan menerapkan manajemen dan strategi pemasaran tersebut Sanggar Tari Nether Kolenang dapat bertahan hingga saat ini dan dapat terus bersaing dengan sanggar lainnya.
Keywords: Nether Kolenang Dance Studio, Management, Marketing Strategy.
In the Sumenep area there are many dance studios, but some of them experience extincion because they cannot compete with other studios. The Nether Kolenang Dance Studio, Founded by Devi Mardiana, is one of the most active dance studios. That is because the implementation of good management and marketing strategies in the Nether Kolenang Dance Studio to commucicate their products or services to the public.
Based on the background presented, the formulation of the problem in this study are; 1) how is management applied in the Nether Kolenang Dance Studio?, and 2) How is the forms of marketing strategies applied in the Nether Kolenang Dance Studio?. This study uses a qualitative method. The research location is in the Nether Kolenang Dance Studio, using data collection techniques through observation, interviews, and documentation. To test the validity of the data using triangulation of sources and triangulation of data collection techniques.
The results obtained in this study indicate that the Nether Kolenang Dance Studio implements family management in its implementation. Some stage of the management function that are applied are planning, organizing, directing, and controlling. The steps in carrying out the marketing strategy are carried out by the Nether Kolenang Dance Studio by carrying out advertising, promotion, public relations and ther development of promotional campaigns with promotion mix. By implemeting management and marketing strategies, the Nether Kolenang Dance Studio can survive until now and can continue to compete with other studios.