Written Corrective Feedback: Senior High School Students' Perceptions and Preferences
Studi sebelumnya telah membahas tentang persepsi dan preferensi siswa terhadap penerapan Written Corrective Feedback . Namun, alasan di baliknya belum diselidiki. Studi ini mencoba memahami persepsi siswa terhadap penerapan WCFdan preferensi mereka tentang jenis WCF yang akan diterapkan serta jenis kesalahan yang harus diperbaiki. Studi survey ini menerapkan triangulasi metodologi untuk memudahkan peneliti mengkonfirmasi persepsi dan preferensi siswa. Kuesioner diberikan untuk mengetahui bagaimana mayoritas peserta memandang dan memilih WCF. Skor rata-rata dan frekuensi disajikan. Selain itu, wawancara juga dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang persepsi mereka baik yang positif maupun yang negatif serta preferensi mereka. Temuan mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa menganggap WCF jelas, bermanfaat, dan memotivasi. Mereka juga menegaskan bahwa WCF membuat mereka percaya diri dan membantu mereka memahami materi yang diberikan. Selain itu, persepsi negatif mengungkapkan apa yang bisa diperbaiki dalam penerapan WCF. Diantaranya adalah pentingnya memberikan pujian dan penjelasan tentang kesalahannya. Juga, memberikan WCF dalam bahasa Indonesia perlu dijadikan pertimbangan. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai WCF metalinguistik langsung dan menyukai WCF komprehensif yang disediakan secara digital. Selain itu, siswa lebih suka menerima koreksi tentang organisasi paragraf meskipun mereka masih lebih memilih umpan balik yang komprehensif untuk diberikan. Secara keseluruhan, penelitian ini mengungkapkan sudut pandang peserta terkait dengan penerapan WCF. Namun, perhatian lebih tentang beberapa aspek yang mungkin mempengaruhipersepsi dan preferensi siswa penting untuk ditindaklanjuti.
Previous studies have discussed the way students perceive and prefer the application of Written Corrective Feedback or widely known as WCF. However, why students perceive and the way they prefer its application has yet to be investigated.This study tried to understand students' perception of the WCF application and their preferences about the type of WCF to be applied and the error to be corrected. This survey study applied methodological triangulation to facilitate the researcher confirming students' perceptions and preferences. The questionnaire was administered to elicit how most participants perceive and prefer WCF. The mean score and frequencies were presented. Furthermore, the interview was also conducted to get a deeper understanding of their positive and negative perceptions and preferences.The finding revealed that most students perceive WCF as clear, helpful, and motivating. They also confirm that WCF gives them confidence and helps them understand the material given. Moreover, the negative perceptions revealed what can be improved in applying WCF. Those include the importance of praising them and explaining the error. Also, providing WCF in the Indonesian language should be considered. In addition, the result showed that students are more into direct metalinguistic WCF and favored the comprehensive WCF, which was provided digitally. Also, students prefer receiving corrections about paragraph organization even though they still prefer the comprehensive feedback provided. Altogether, this study revealed the participants' points of view related to the application of WCF. However, more attention to several aspects that might affect students' perceptions and preferences was essential to be considered.