Hubungan antara Konsep Diri dengan Kesiapan Kerja pada Siswa SMK
The Relationship between Self-Concept and Work Readiness in Vocational High School Student
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan konsep diri dan kesiapan kerja pada siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 169 siswa kelas XI jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri dengan nilai reliabilitas 0,940 dan skala kesiapan kerja dengan nilai reliabilitas 0,946. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,850 (r = 0,850) dan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa terdapat hubungan konsep diri dan kesiapan kerja pada siswa kelas XI jurusan RPL SMK ‘X’ Kota Malang. Semakin positif konsep diri maka semakin tinggi kesiapan kerja pada siswa, sebaliknya semakin negatif konsep diri siswa maka kesiapan kerjanya semakin rendah.
The aim of this research is to determine the relationship between self-concept and work readiness among students in Vocational High Schools (SMK). The method used in this research is a quantitative correlation method with purposive sampling technique. The research subjects consists of 169 students from the 11th grade majoring in Software Engineering (RPL). The instruments used in this research are the self-concept scale with a reliability coefficient of 0.940 and the work readiness scale with a reliability coefficient of 0.946 . Data analysis in this research used the Pearson Product Moment correlation with a correlation coefficient value of 0.850 (r = 0.850) and a significance value of 0.000 (p < 0.05). Based on the results, it’s concluded that there is a relationship between self-concept and work readiness in 11th-grade students majoring in Software Engineering (RPL) at SMK 'X' Malang. The more positive the self-concept, the higher the student's work readiness, whereas the more negative the student's self-concept, the lower the work readiness.