Perancangan Komunikasi Visual Self Motivation Book untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja
Visual Communication Planning Self Motivation Book to Increase Adolescents' Self -Confidence
Masa remaja merupakan masa peralihan, yang dimana pada masa ini seorang remaja sering kali bingung akan banyak hal. Itulah sebabnya wajar jika pada masa ini remaja yang periang bisa tiba-tiba menjadi pemalu dan butuh ruang privasi. Rasa percaya diri sangatlah penting untuk remaja. Hal ini juga akan memengaruhi caranya bertindak di depan umum, cara ia berperilaku terhadap orang lain, serta berpikir positif dalam segala sesuatu hal. Selain itu, rasa percaya diri juga akan membuat para remaja lebih mampu menghadapi kehidupan selanjutnya, masalah yang akan ia hadapi, ketidakpastian akan segala hal, dan kekecewaan. Oleh karena itu, dibutuhkan media komunikasi visual untuk membantu para remaja mengerti, sadar dan mampu mengatasi rasa kepercayaan dirinya. Melalui perancangan ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri bagi para remaja. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan data-data objek dan subjek yang didapatkan melalui proses pengumpulan data secara langsung seperti observasi, wawancara, dan kuesioner. Perancangan ini menghasilkan karya berupa self motivation book dengan kalimat yang ringan untuk membantu remaja mengatasi rasa kepercayaan dirinya.
Adolescence is a period of transition, where at this time a teenager is often confused about many things. That's why it's natural that at this time a cheerful teenager can suddenly become shy and need some privacy. Self-confidence is very important for teenagers. This will also affect the way he acts in public, the way he behaves towards others, and thinks positively about everything. In addition, self- confidence will also make teenagers better able to face the next life, the problems they will face, uncertainty about everything, and disappointments. Therefore, visual communication media is needed to help teenagers understand, be aware and be able to overcome their self-confidence. Through this design, it is hoped that it can foster self-confidence for teenagers. This design uses qualitative methods, using object and subject data obtained through direct data collection processes such as observations, interviews, and questionnaires. This design produces a work in the form of a self motivation book with light sentences to help teenagers overcome their self-confidence