Kemajuan teknologi informasi sekarang memiliki pengaruh besar atas perubahan pada bidang pendidikan. Satu di antara beberapa perubahan pada aktivitas belajar mengajar yang semula konvensional menjadi pembelajaran daring. Hal ini sejalan dengan keputusan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah dengan dikeluarkannya selebaran oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) No. 1 Tahun 2020 mengenai implementasi pembelajaran di kelas yang dilakukan secara online. Sejalan dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut, proses belajar mengajar di Indonesia menuntut pembelajaran berpusat pada siswa (student center) dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada kurikulum 2013 revisi 2017. Beberapa penelitian memberikan solusi bahan ajar yang digunakan dengan menerapkan pola pembelajaran scientific approach yang cukup efektif untuk menunjang proses pembelajaran online. Maka dari itu peneliti mengambil jenis penelitian pengembangan bahan ajar elektronik dengan pembelajaran scientific approach dalam pembelajaran daring pada materi persediaan kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan memanfaatkan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang meliputi tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sebatas tahapan pengembangan (develop). Produk yang dikembangkan akan di telaah serta di validasi oleh masing-masing ahli diantaranya: ahli materi, ahli bahasa, serta ahli grafis. Berdasarkan hasil telaah serta validasi oleh para ahli dapat diketahui bahwa bahan ajar elektronik berbasis flipbook ini “Sangat Layak” digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas pada materi persediaan kelas XI di SMK Yapalis Krian dengan mendapat rerata skor sebesar 83,32% (Sangat Layak).
Kata kunci : Bahan Ajar Elektronik, Scientific Approach, Pembelajaran Daring, Persediaan.
Advances in information technology now have a major influence on changes in the field of education. One of the changes in teaching and learning activities from conventional to online learning. This is in line with the decisions of the provincial and local governments with the issuance of leaflets by the Ministry of Education and Culture (Kemdikbud) No. 1 of 2020 regarding the implementation of online learning in the classroom. In line with the issuance of the circular letter, the teaching and learning process in Indonesia demands student-centered learning (student center) by applying the problem-based learning model in the 2013 revised 2017 curriculum. Several studies have provided solutions for teaching materials used by applying the scientific approach learning pattern which is quite effective. to support the online learning process. Therefore, the researchers took the type of research on the development of electronic teaching materials with a scientific approach to online learning in class XI inventory materials. The type of research used is development research utilizing the 4D development model by Thiagarajan which includes the stages of defining, designing, developing, and disseminating. However, in this research, it is only limited to the development stage. The products developed will be reviewed and validated by each expert including: material experts, linguists, and graphic experts. Based on the results of the study and validation by experts, it can be seen that this flipbook-based electronic teaching material is "Very Appropriate" to be used for teaching and learning activities in class on class XI inventory materials at Yapalis Krian Vocational School with an average score of 83.32% (Very Eligible).
Keywords: Electronic Teaching Materials, Scientific Approach, Online Learning, Inventory.