Kartu Kuartet QR Code berbasis kearifan lokal merupakan hasil dari penelitian pengembangan untuk diimplementasikan pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Begadung. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengembangkan suatu media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan kearifan lokal Kabupaten Nganjuk dengan integrasi permainan dan teknologi. Peneliti mengggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan seperti, analisis (analyze), pembuatan (design), mengembangkan (development), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Melalui proses validasi kepada ahli media dan materi kartu ini layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil validasi media skor sebesar 91 % dan materi dengan skor sebesar 91 %. Media pembelajaran ini layak dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan pretest 43 dan posttest 87 dengan menggunakan olah data N-Gain maka menghasilkan angka 0,77 maka tergolong efektivitas tinggi. Pembelajaran dengan menggunakan media kartu tersebut membuat siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran. Media kartu ini sangat praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas IV dengan skor sebesar 97%.
QR Code Quartet Card is the result of development research to be implemented in social studies lessons in class IV SD Negeri 1 Begadung. The research conducted aims to develop a medium that can be used to introduce the local wisdom of Nganjuk Regency with the integration of games and technology. Researchers use the ADDIE model which consists of several stages such as analysis (analyze), making (design), developing (development), implementation (implementation) and evaluation (evaluation). Through the validation process to media and material experts, this card is suitable for use in learning with the results of media validation scores of 91% and material with a score of 91%. This learning media is feasible and has an effect on student learning outcomes. The increase in pretest 43 and posttest 87 using N-Gain data processing resulted in a number of 0.77, classified as high effectiveness. Learning by using the card media makes students more active and enthusiastic in learning. This card media is very practical to be implemented in learning in class IV with a score of 97%.