Penelitian ini memiliki tujuan untuk megetahui prosedur pelaksanaan metode Demonstrasi oleh guru dan siswa, dan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik materi pengelolaan pemodelan objek 3 dimensi pada mata pelajaran animasi 3 dimensi kelas XI Multmedia SMK Yapalis Krian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 metode yaitu observasi dan tes. Observasi untuk mengamati aktivitas guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, sedangkan tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data observasi menyatakan aktivitas guru dan peserta didik terlaksana dengan baik dan dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas belajar yang berkaitan dengan terlaksananya proses pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar hasil analisis data hasil belajar peserta didik dengan menggunakan SPSS 20.0 For Windows menunjukkan bahwa metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal tersebut dibuktikan dengan adanya uji t (test) yang menunjukkan bahwa nilai signifikan (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan ada perbedaan rata rata hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi pengelolaan pemodelan objek 3 dimensi kelas XI Multimedia.
Kata Kunci : Pengaruh, Metode Demonstrasi, Pengelolaan Pemodelan Objek 3 Dimensi
This research aims to know the procedure of the implementation method of demonstration by teachers and students, and to know of any influence of the method of demonstration against the learning outcomes learner materials management of 3 dimensional animation object modeling on the subject of 3D animation class XI Multimedia SMK Yapalis Krian.
This type of research is a quantitative study with randomized design Posttest-Only Control Group Design. In collecting the data, researchers used two methods of observation and tests. Observation to monitor the activities of teachers and learners in the process of teaching and learning, while the tests to find out the results of the learning learners.
Based on analysis of observational data expressed activity of teachers and learners are performing well and it can be concluded that the learning activities related to the implementation of the learning process included in the excellent category. While the learning outcomes of the data analysis learning outcomes of students by using SPSS for Windows shows that the method of demonstration can improve learning outcomes of students, it is evidenced by the t test (test) that shows significant value (2-tailed) of 0.000 <0, 05 where it can be concluded that there is an average difference in learning outcomes of students between experimental class control class.
The conclusion of this study indicate that treatment using the method of demonstration can improve learning outcomes of students in comparison with conventional study on the management of material modeling 3D objects XI Multimedia.
Keywords : Effect of Method Demonstration, 3 Dimensional Object Modeling Management