Abstrak
Media merupakan salah satu komponen dalam
sistem pembelajaran yang mempunyai
fungsi dan peran yang sangat vital bagi keberhasilan pembelajaran. Tanpa media,
komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran tidak akan bisa
berlangsung secara optimal. Pemilihan media yang tepat akan membuat proses pembe lajaran menjadi lebih efektif
dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Selama ini, proses pembelajaran materi
Tektonisme dalam mata kuliah Geologi Umum h anya menggunakan media power point saja
yang membuat mahasiswa
hanya fokus pada menulis dibanding mendengarkan
penjelasan pendidik . A gar
mahasiswa dapat memahami materi tektonisme dengan baik dan proses pembelajaran lebih
efektif, p erlu adanya
pengembangan media tiga dimensi yang layak untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media tiga dimesi yang layak dan untuk mengetahui respon
mahasiswa terhadap media yang dikembangkan.
Jenis penelitian pengembangan ini
menggunakan model pengembangan 4-D (Define,
Design, Develop, Disseminate) . Subjek dalam pengembangan media model ini
yaitu mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan
Geografi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2014 yang telah lulus mata
kuliah Geologi Umum sebanyak 30 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan
menggunakan lembar validasi media dan lembar validasi materi serta lembar angket
respon mahasiswa terhadap media pembelajaran tiga dimensi yang telah
dikembangkan.
Media pembelajaran tiga dimensi materi T ektonisme ini mengalami validasi
sebelum dikatakan layak oleh validator ahli media dan ahli materi. Hasil skor validasi oleh ahli media yaitu
sebesar 83,3% dan hasil skor validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 88,8%. Berdasarkan kelayakan pada skala likert, hasil nilai validasi dari ahli media dan ahli materi termasuk antara 80%-100%
sehingga termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Total hasil re spon dari 30 mahasi swa mendapat
perolehan skor sebesar 90, 1%
dan termasuk dalam kriteria “sangat setuju”. Artinya, mahasiswa memberikan tanggapan baik terhadap media yang
dikembangkan dan setuju terhadap media sebagai penunjang dalam proses pembelajaran materi tektonisme mata
kuliah Geologi Umum.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media Tiga Dimensi,
Tektonisme
Abstract
Media is one of
components in learning system that has crucial function and role for
learning achievemet. Without media, communication will never take place and
learning process will not be able to take place optimally. Selection of
appropriate media will make learning process be more effective and efficient in
achieving defined learning goals. During this time, the learning process of
Tectonism material in General Geology lecture onl uses power point media which
makes students only fucus on writing rather than listening to lecturer
explanation. So that students can understand the material well and tektonisme
the learning process more effective, the need for the development of a viable
three-dimension media to support the learning process. This research aims to develop a decent three-dimesi media and to know
the response of the students against the media are developed.
This development research used 4-D development
model (Define, Design, Develop, Disseminate). The subject in this media model
development were 30 Bachelor of Geography Education students in State
University of Surabaya year
2014 who
have passed General Geology lecturer. The data analysis technique used in the
study was validation by media experts and material experts and questionaire on
student responses to three-dimensional learning media that had been developed.
This tectonism three-dimensional learning media
materials has been validated before it is said to be feasible by media expert
validators and materials experts. The result of the validation score by media
expert were 83,3% and the result of the validation scores by material experts
were 88,8. Base on the feasibility of Likert scale, the validation result from
media experts and material experts was included between 80% - 100% so that it
was included in “very faesible” criteria. Amount of response results from 30
students got a score of 90.1% and included in the
criteria of "strongly agree" . This means that students are responding well
to the media that was developed and agreed against the media as supporting
material in the process of learning tektonisme courses General Geology.
Keywords : Development Research,
Three-Dimensional Media, Tectonism