Kumpulan bacaan anak karya Zuly Kristanto tidak hanya hadir dari daya pemikiran pengarangnya, tetapi juga terbentuk dari aspek sosiokultural yang ada di sekitar pengarang. Hal yang menarik dari bacaan anak KNS tersebut yakni membahas mengenai pembelajaran budi pekerti yang tumbuh dari aspek sosial dan budaya pengarang. Pembahasan tersebut cocok jika dikaji menggunakan teori sosiokultural. Berdasarkan pernyataan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana pembelajaran budi pekerti dalam kumpulan bacaan anak KNS karya Zuly Kristanto?, (2) Bagaimana aspek sosiokultural pengarang yang mempengaruhi pembelajaran budi pekerti dalam kumpulan bacaan anak KNS?, (3) Bagaimana pandangan masyarakat mengenai pembelajaran budi pekerti untuk anak dalam kenyataan di jaman sekarang? Atas dasar rumusan masalah tersebut, penelitian ini memiliki manfaat untuk pembelajaran sekolah, tidak hanya untuk media pembelajaran saja tetapi juga dapat menjadi pembelajaran budi pekerti untuk anak.
Untuk membahas masalah didalam penelitian ini membutuhkan teori dan konsep yang sesuai dengan masalah yang dibahas. Konsep sastra anak menggunakan teori Riris K. Toha Sarumpaet. Untuk menjelaskan bab sosiokuktural menggunakan konsep Lev Vygotsky. Untuk piwulang budi pekerti menggunakan teori dari koentjaraningrat dan Nurgiyantoro. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penelitian yang digunakan yaitu data primer yang berupa kumpulan bacaan anak dengan judul KNS, sedangkan data sekundernya yaitu menggunakan wawancara dan sumber penunjang lainnya. Tata cara dalam mengumpulkan data menggunakan metode studi pustaka dan wawancara.
Hasil penelitian ini dibagi menjadi 3, diantaranya adalah: (1) pembelajaran budi pekerti dalam kumpulan bacaan anak KNS karya Zuly Kristanto, yakni nilai luhur antara manusia dengan Tuhannya, diri pribadinya, dan sosial. (2) aspek sosiokultural pengarang yang mempengaruhi kumpulan bacaan anak KNS didasari dari lingkungan sosial tempat terjadinya karya sastra tersebut diciptakan, status sosial pengarang, dan aspek kultural pengarang (3) pendapat masyarakat mengenai pembelajaran budi pekerti untuk anak di jaman sekarang, memang penting sekali. Pembelajaran budi pekerti yang dibiasakan dari kecil itu sebagai dasar untuk mewujudkan kepribadian anak, juga untuk sikap dasar dan perlakuan untuk menghadapi perkembangan dunia teknologi yang kian maju. Kumpulan bacaan anak KNS memberikan gambaran mengenai pembelajaran budi pekerti, yang dihubungkan dengan aspek sosial dan budaya masyarakat sehari-hari.
Kata kunci: pembelajaran budi pekerti, bacaan anak, sosiokultural
The collection of children's literature by Zuly Kristanto is not only present from the power of thought of the author, but also formed from the sociocultural aspects that surround the author. The interesting thing about reading the KNS children is discussing the learning of character that grows from the social and cultural aspects of the author. The discussion is suitable if studied using sociocultural theory. Based on the statement, the formulation of the problem in this study are (1) How is character learning in the collection of KNS children's literature by Zuly Kristanto? (2) What is the sociocultural aspect of the author that influences character learning in the collection of KNS children’s literature?, (3) What is the communitys view of child learning in reality today? On the basis of the formulation of the problem, this disscusion has benefits for school learning, not only for learning media but also can be a learning character for children.
To discuss the problem in this study requires theories and concepts that are in accordance with the problems discussed. The concept of children's literature uses the theory of Riris K. Toha Sarumpaet. To explain the sociocultural chapter using Lev Vygotsky's concept. For teaching about student character using the theory of Koentjaraningrat and Nurgiyantoro. This study uses descriptive qualitative research. The source of the research used is primary data in the form of a collection of children's readings under the title KNS, while the secondary data is using interviews and other supporting sources. The procedure for collecting data using library study methods and interviews.
The results of this study are divided into 3, including: (1) character learning in a collection of KNS children's works by Zuly Kristanto, namely the noble values between humans and their God, their personal selves, and social. (2) the sociocultural aspects of the authors that influence the collection of reading of KNS children based on the social environment in which the literary works were created, the social status of the authors, and the cultural aspects of the authors (3) community opinion on child learning in the present are very important. The learning habits that are accustomed from the small as the basis for realizing the personality of the child, also for the basic attitude and treatment to face the development of the increasingly advanced world of technology. The reading collection of KNS children provides an overview of ethical learning, which is related to the social and cultural aspects of everyday society.