Capaian literasi yang rendah tentu menimbulkan kekhawatiran bagi negara Indonesia tentang daya saing sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan global ke depannya. Perlunya memiliki keterampilan yang bisa dikembangkan dalam membaca pemahaman untuk memecahkan masalah yang melibatkan pemikiran proses yaitu keterampilan berpikir kritis. Terutama dalam kegiatan belajar di sekolah, salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan media scrapbook. Adapun tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan media scrapbook materi sumber daya alam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Tambakagung Mojokerto.
Penelitian ini berjenis eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan quasy experiment dengan non-quivalent control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV-A SDN Tambakagung Mojokerto sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 21 siswa dan siswa kelas IV-B SDN Tambakagung Mojokerto sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data instrumen dilakukan dengan uji validitas instrumen dan uji reliabilitas, sedangkan analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain ternormalisasi.
Hasil uji validitas instrumen tes menunjukkan bahwa instrumen tes valid dengan rata-rata r hitung 0,506 > r tabel 0,396. Uji reliabilitas instrumen tes menunjukkan bahwa instrumen reliabel yaitu r hitung 0,673 > r tabel 0,396. Nilai ketercapaian pelaksanaan pembelajaran dengan rata-rata yaitu 90,4. Uji normalitas pada nilai pre test di kelas ekperimen diperoleh 0,200 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 0,138. Sedangkan pada nilai post test di kelas eksperimen diperoleh 0,130 dan di kelas kontrol diperoleh 0,137. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan signifikansi > 0,05 sehingga dinyatakan bahwa sebaran data berdistribusi normal. Melalui uji homogenitas pada nilai pre test diperoleh 0,814 > nilai signifikasni 0,05 sedangkan nilai post test diperoleh 0,253 > nilai signifikansi 0,05 yang menunjukkan data pada nilai pretest dan post test memiliki data yang homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung 5,680 > ttabel 2,021 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media scrapbook materi sumber daya alam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Tambakagung Mojokerto.
Kata Kunci : media scrapbook, berpikir kritis
The achievement of low literacy certainly raises concerns for the Indonesian state about the competitiveness of human resources to face global challenges in the future. The need to have skills that can be developed in reading comprehension to solve problems that involve process thinking is critical thinking skills. Especially in school learning activities, one of the efforts made to improve critical thinking skills using scrapbook media. The purpose of this study is to prove the influence of the use of scrapbook media on natural resources on the critical thinking skills of students in social studies learning (IPS) in fourth grade at Tambakagung Elementary school at Mojokerto.
This research is a type of experiment using a quantitative approach. Design of this study used quasy experiment using non-equivalent control group design. This study used the fourth grade-A class (contains of 21 students) of SDN Tambakagung Mojokerto as an experimental class and the fourth grade-B class (contains of 21 students) as a controlling class. Data collection techniques are carried out by tests and observations. Instrument data analysis was carried out by testing the validity of the instrument and reliability test, while the data analysis of the results of the study was carried out by normality test, homogeneity test, hypothesis test and normalized n-gain test.
The results of the validity test of the test instrument indicate that the test instrument is valid with an average of r count 0.506> r table 0.396. Test reliability of the test instrument shows that the instrument is reliable, that is r count 0.673> r table 0.396. The value of learning achievement with an average of 90,4. The normality test in the pre test value in the experimental class was 0.200 while in the control class it was 0.138. Where as in the post test value in the experimental class obtained 0,130 and in the control class obtained 0,137. From these results it can be concluded that the results of the calculation of significance> 0.05 so that the distribution of data is normally distributed. Through the homogeneity test, the pre test value was obtained 0.814> significant value 0.05 while the post test value was obtained 0.253> 0.05 significance value indicating the data at the pretest and post test values had homogeneous data. From the results of hypothesis testing, the results of t count 5.680> t table 2.021 are obtained so that Ha is accepted and Ho is rejected. Based on the results obtained, it was concluded that there was an influence of scrapbook material on natural resources on the critical thinking skills of students in social studies learning in fourth grade at SDN Tambakagung Mojokerto.
Keywords: scrapbook media, critical thinking