ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS-LIKE DOMAIN DATA DAN PELUANG
ERROR ANALYSIS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING TIMSS-LIKE DATA AND CHANCE PROBLEMS
Peringkat Indonesia relatif sangat rendah dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lain yang ikut serta dalam TIMSS. Dari hasil peringkat TIMSS siswa Indonesia yang rendah ini, diketahui masih banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Salah satu upaya untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mencari tahu letak kesalahan yang kerap dilakukan oleh siswa serta faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan beserta faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal TIMSS-like pada domain data dan peluang. Subjek penelitian ini adalah 3 dari 19 siswa Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Primagama Sukodono kelas IX SMP yang dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan dan variasi jenis kesalahan yang dilakukan saat tes tulis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam menyelesaikan soal TIMSS-like domain data dan peluang, siswa yang melakukan kesalahan memahami soal sebesar 22,1%, kesalahan transformasi soal sebesar 9,47% dan kesalahan keterampilan proses sebesar 4,21%. Penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal, tidak memahami maksud soal, salah dalam memilih cara penyelesaian, serta kurang latihan soal.
Kata Kunci: analisis kesalahan, soal TIMSS-like data dan peluang.
Indonesia's position is relatively very low compared to other Southeast Asian countries participating in TIMSS. From the results of the TIMSS ranking of Indonesian students is low, it is known there are still many mistakes made by students. One effort to solve this problem is to find out where the location of errors that are often made by students and the factors causing students make these errors. In this study, the method used is a descriptive method that aims to describe the types and factors of student error in solving TIMSS-like domain Data and Chance problems. The subjects of this study were 3 out of 19 Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Primagama Sukodono students in class IX SMP selected based on the number of errors and variations in the types of errors made during the written test. The results showed that in solving TIMSS-like domain data and chance problems, students made errors in understanding the questions was22.1%, errors in transforming was 9.47% and errors in process skills was 4.21%. The reason students make these errors is students are not careful in reading the questions, do not understand the purpose of the question, wrong in choosing a solution and lack of practice questions.
Keywords: error analysis, TIMSS-like data and chance problems