Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini terbatas sampai tahap Develop (Pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 1 Socah Bangkalanterdiri dari 23 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Socah Bangkalan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 siswa dan desain uji coba menggunakan One Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode observasi, dan metode tes. Metode angket menggunakan lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Metode observasi dilakukan untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Metode tes meliputi pretest dan posttest siswa. Hasil validasi dan uji coba LKPD berbasis literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia berdasarkan aspek validitas mendapatkan persentase sebesar 89,1% dengan kriteria sangat layak. Pada aspek kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 90,1% dengan kriteria sangat layak dan respon positif siswa sebesar 93,6%. Dengan kriteria sangat layak. Pada aspek keefektifan berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,92 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan tiga aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Literasi Sains, Sistem pencernaan manusia
This research aims to produce worksheet based on scientific literacy in human digestive system materials to increase the learning outcomes of 8th grade student that valid, practical, and effective. This type of research used in this research was the development of 4D models: Define, Design, Develop and Disseminate. This research was limited to development stages. The subject were students of 8th grade SMPN 1 Socah Bangkalan 2019/2020 school year totaling 23 student and design trials using One Group Pretest and Posttest Design, Data Collection techniques in this study used a validation method, observation, questionnaires, and testing. Result of research data showed that worksheet based on scientific literacy in human digestive system materials based on the aspect of validity got percetage score of 89,1%,with a very decent criteria. The aspect of practically based on implementation of learning got percentages score of 90,1% with very decent criteria and the positive respones of student amounted to 93,6% with the criteria very decent. The aspect of effectiveness based on improvemen of student learning outcomes by 0,92 with the high criteria. Based on three aspect, it can be concluded that the developed worksheet based on scientific literacy in human digestive system materials are suitable to be used to increase the learning outcomes.
Keywords: Students worksheet, science literacy, human digestive system