PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEN INSTAGRAM MATERI LUKIS DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 SITUBONDO
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA INSTAGRAM CONTENT-BASED PAINTING MATERIAL IN EXTRACURRICULAR ACTIVITIES AT SMAN 1 SITUBONDO
Latar belakang pembuatan skripsi ini yaitu kurangnya inovasi media pembelajaran di SMAN 1 Situbondo. Penggunaan metode konvensional dalam kegiatan ekstrakurikuler seni rupa dirasakan kurang efektif dalam menarik minat dan motivasi siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru yang mampu mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran. Instagram dipilih sebagai media pembelajaran karena menawarkan berbagai fitur visual dan interaktif yang dapat digunakan untuk menyajikan materi secara menarik.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konsep, proses, hasil, serta keefektivitasan dari pengembangan media pembelajaran berbasis konten Instagram materi lukis teknik gores di SMAN 1 Situbondo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate.
Dalam pengembangan media ini, terdapat beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pendefinisian, yang bertujuan mencari tahu permasalahan dasar sebelum pengembangan. Tahap berikutnya adalah perancangan, yang mencakup penentuan format media dan konten. Peneliti merancang desain layout cover dan konten tentang lukis teknik gores dengan ukuran 1080 x 1080 pixels menggunakan Coreldraw, serta memilih color palette dan aset-aset yang digunakan. Desain konten dibuat dengan konsep carousel agar saling berkesinambungan. Setelah feed selesai, dilanjutkan dengan pembuatan video yang diawali dengan perancangan storybook, perekaman, dan editing menggunakan After Effect. Media diunggah ke Instagram @mengenalteknikgores. Hasil perancangan media divalidasi oleh ahli materi dan media untuk menyempurnakan media tersebut.
Hasil validasi ahli materi menunjukkan media pembelajaran berbasis Instagram layak sebesar 72%, menunjukkan materi cukup memadai tetapi perlu perbaikan. Validasi ahli media menghasilkan 84%, menunjukkan desain dan penyajian sangat baik dan efektif untuk pembelajaran. Berdasarkan masukan kedua ahli, dilakukan revisi untuk meningkatkan kualitas. Respon siswa ekstrakurikuler Krisna Rupa SMAN 1 Situbondo juga positif dengan kepuasan 83%. Angka tersebut mencerminkan bahwa siswa merasa terbantu dan lebih termotivasi dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis konten Instagram.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Instagram, Seni Lukis, Teknik Gores
The background of this thesis is the lack of innovation in learning media at SMAN 1 Situbondo. The use of conventional methods in extracurricular art activities is not effective in attracting students' interest and motivation. Therefore, a new approach is needed that is able to integrate digital technology into the learning process. Instagram was chosen as a learning medium because it offers various visual and interactive features that can be used to present material in an interesting way.
The purpose of this study was to determine the concept, process, results, and effectiveness of the development of learning media based on Instagram content of scratch painting material at SMAN 1 Situbondo. This research uses qualitative analysis techniques with the 4D method developed by Thiagarajan which consists of 4 stages namely Define, Design, Development, and Disseminate.
In developing this media, there are several stages. The first stage is defining, which aims to find out the basic problems before development. The next stage is design, which includes determining the media format and content. Researchers designed the cover layout design and content about scratch technique painting with a size of 1080 x 1080 pixels using Coreldraw, as well as selecting the color palette and assets used. The content design was made with the concept of a carousel so that they are continuous with each other. After the feed was completed, followed by video creation which began with storybook design, recording, and editing using After Effect. The media is uploaded to Instagram @mengenalteknikgores. The results of media design are validated by material and media experts to perfect the media.
The material expert validation results show Instagram-based learning media is feasible at 72%, indicating the material is adequate but needs improvement. Media expert validation resulted in 84%, indicating excellent design and presentation and effective for learning. Based on the input of both experts, revisions were made to improve the quality. The response of Krisna Rupa SMAN 1 Situbondo extracurricular students was also positive with 83% satisfaction. The figure reflects that students feel helped and more motivated in learning by using Instagram content-based learning media.
Keywords: Learning Media, Instagram, Painting, Scratch Technique