Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tumpeng Nasional Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII
The Influence of the Use of National Tumpeng Learning Media Against Social Studies Learning Outcomes of Grade VIII Students
Penelitian ditujukan untuk menganalisis terkait penggunaan media pembelajaran “Tumpeng Nasional” terhadap hasil belajar IPS peserta didik VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model kuasi eksperimen. Adapun subjek pada penelitian ini ditujukan pada 55 peserta didik kelas VIII dengan rincian 27 orang untuk kelas eksperimen dan 28 orang untuk kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji validasi dan reliabilitas terhadap instrumen penelitian yang dalam hal ini ialah soal tes peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol yang juga menggunakan metode yang sama dalam pembelajarannya yaitu metode tanya jawab. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 3 tahapan yakni pemberian pre-test, pemberian perlakuan, dan diakhiri dengan pemberian post-test pada masing-masing kelas. Namun dalam pelaksanaannya, perlakuan pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran “Tumpeng Nasional” sedangkan untuk kelas kontrol tidak. Data yang diperoleh kemudian diuji normalitas dan homogenitasnya guna menentukan uji statistik yang hendak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh tidak berdistribusi normal serta bersifat homogen yang membuat data harus dihitung menggunakan uji statistik non-parametrik. Uji statistik dilakukan dengan uji Wilcoxon dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 21. Hasil uji Wilcoxon dilakukan dengan menghitung hasil nilai post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian penelitian ini juga melakukan uji N-Gain Score dari nilai tes peserta didik dengan hasil 60,6 untuk nilai Mean kelas eksperimen, sedangkan 42,5 untuk nilai Mean kelas kontrol. Meninjau hasil penelitian yang diperoleh, penggunaan media pembelajaran “Tumpeng Nasional” menunjukkan perbedaan pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, selain itu jika memperhatikan tabel kriteria efektivitas N-Gain media pembelajaran ini menjadi “cukup efektif” dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Tumpeng Nasional, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar
The research was aimed at analyzing the use of the "National Tumpeng" learning media on social studies learning outcomes for students VIII. This research is quantitative research with a quasi-experimental model. The subjects in this study were aimed 55 class VIII students with details of 27 people for the experimental class and 28 people for the control class. Data collection was carried out by conducting validation and reliability tests on research instruments, which in this case were student test questions. This study used the Nonequivalent Control Group Design which consisted of two classes, namely the experimental class and the control class which also used the same method of learning, namely the question and answer method. The implementation of the research was carried out in 3 stages, namely giving a pre-test, giving treatment, and ending with giving a post-test in each class. However, in practice, the treatment in the experimental class used the "National Tumpeng" learning media, while the control class did not. The data obtained is then tested for normality and homogeneity to determine the statistical test to be performed. The results showed that the data obtained were not normally distributed and were homogeneous which made the data must be calculated using non-parametric statistical tests. Statistical tests were carried out by the Wilcoxon test using the IBM SPSS Statistics 21 application. The results of the Wilcoxon test were carried out by calculating the results of the post-test scores from the experimental class and the control class which showed a significance value of 0.000 <0.05 so that it could be interpreted that there was a significant difference in the student of the result learning between the experimental class and the control class. Then this study also conducted an N-Gain Score test from students' test scores with a result of 60.6 for the Mean value of the experimental class, while the Mean value of the control class was 42.5. Reviewing the research results obtained, the use of the learning media "Tumpeng Nasional" shows differences in learning outcomes between the experimental class and the control class, besides that, if you pay attention to the table of N-Gain effectiveness criteria this learning media becomes "quite effective" in improving social studies class student learning outcomes VIII.
Keywords: National Tumpeng Learning Media, IPS Learning, Learning Outcomes