Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun.
The Application of Flash Card Media to Improve Cognitive and Language Skills on the Children of 4-5 Years old
ABSTRAK
Puspitasari, Nita. 2022. Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Umi Anugerah Izzati, M. Psi, Psikolog., dan (2) Dr. Eko Darminto, M. Si.
Kata Kunci: Media flash card, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifam penggunanan media flash card dalam pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menemukan adanya permasalahan dalam perkembangan kemampuan kognitif dan bahasa anak usia 4-5 tahun, yakni: kesulitan menyebutkan bentuk geometri (2) kesulitan membedakan benda bentuk geometri (3) kesulitan menyebutkan huruf vokal.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Model rancangan eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah 60 anak usia 4-5 di Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember. Ke 60 subyek dibagi menjadi dua kelompok sama besar, satu kelompok dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan satu kelompok yang lain dijadikan sebagai kelompok kontrol melalui teknik random assignment. Data kemampuan kognitif dan kemampuan bahasa dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan secara statistik dengan teknik uji t untuk sampel bebas dengan taraf signifikansi sebesar 0.05.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa sekor rata-rata kemampuan kognitif dan sekor rata-rata kemampuan berbahasa subyek meningkat secara signifikian setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media flash card. Berdasarkan pada hasil penelitian ini maka direkomendasikan kepada para guru di poendidikan anak usia dini untuk menggunakan media flash card dalam pembelajarannya guna mendorong perkembangan kognitif dan bahasa anak.
ABSTRACT
Puspitasari, Nita. 2022. The Application of Flash Card Media to Improve Cognitive and Language Skills on the Children of 4-5 Years old. Thesis. Basic Education Study Program of PAUD Concentration, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (1) Dr. Umi Anugerah Izzati, M. Psi, Psychologist., and (2) Dr. Eko Darminto, M. Si.
Keywords: Flash card, cognitive ability, language ability
The purpose of this study is to test the effectiveness of using flash card media in learning in Early Childhood Education to improve the cognitive and language abilities of children aged 4-5 years. This research was motivated by the results of a preliminary study that found problems in the development of cognitive and language abilities of children aged 4-5 years, namely: difficulty mentioning geometric shapes (2) difficulty distinguishing geometric shapes, and (3) difficulty mentioning vowel letters.
The research was carried out through a quantitative approach with an experimental design. The experimental design model used is a nonequivalent control group design. The subjects of the study were 60 children aged 4-5 at the Yasmin PAUD Laboratory School, Universitas Muhammadiyah of Jember. The 60 subjects were divided into two equally large groups, one group was used as an experimental group and the other group was used as a control group through random assignment techniques. Data on cognitive ability and language ability are collected through observation and documentation techniques. Hypothesis testing was carried out statistically with a t-test technique for independent samples with a significance level of 0.05.
The hypothesis testing results proved that the subjects' average cognitive level and average language ability increased significantly after the teaching was carried out using flash card media. Based on the results of this study, it is recommended that teachers in preschool use flash card media in their learning to encourage children's cognitive and language development.