ABSTRAK
STRATEGI SOSIALISASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) SUMENEP DALAM MENEKAN ANGKA GOLPUT PADA PEMILU 2019
Nama : Masriawan
NIM : 15040254006
Program studi : S-1 PPKn
Jurusan : PMP-KN
Fakultas : Ilmu Sosial Dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Agus Satmoko Adi, S.S., M.Si
Komisi pemilihan umum Sumenep berhasil menekan angka golput pada pemilu 2019 dengan tingkat partisipasi 81% dan angka golput 19%. Ini menjadi ukuran tersendiri strategi yang telah digunakan oleh KPU Sumenep menekan angka golput. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana strategi sosialisasi komisi pemilihan umum (KPU) Sumenep dalam menekan angka golput pada pemilu 2019, (2) Apa hambatan komisi pemilihan umum (KPU) Sumenep saat melakukan sosialisasi dalam menekan angka golput pada pemilu 2019. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi sosialisasi komisi pemilihan umum (KPU) Sumenep dalam menekan angka golput pada pemilu 2019, (2) untuk mengetahui hambatan komisi pemelihan umum (KPU) Sumenep saat melakukan sosialisasi dalam menekan angka golput pada pemilu 2019.
Penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara dengan informan, dokumentasi, dan observasi. Lokasi penelitiannya di kantor komisi pemelihan umum kabupaten Sumenep dengan alamat di Jl. Asta Tinggi No.99 Kebunagung Sumenep.
Hasil penelitian kualitatif menunjukkan penerapan strategi sosialisasi dalam menekan angka golput pada pemilu 2019 oleh Kabupaten Sumenep. Dengan sosialisasi kepada pedagang pasar, yang jumlahnya sangat banyak sehingga informasi pemilu dapat tersampaikan secara luas. Sosialisasi kepada nelayan, alasannya masyarakat nelayan terbatas dalam mengakses informasi terutama yang berada dipesisir pantai. Sosialisasi kepada adat, sasarannya sosialisasi yang disampaikan oleh relawan demokrasi kepada kelompok kesenian adat, serta tokoh masyarakat, adat yang berada di Desa dan kelurahan Sumenep. Sosialisasi kepada penyandang disabilitas, sasaran utamnya penyandang disabilitas yang mempunyai hak pilih. Sosialisasi kepada keluarga, supaya nantinya dalam keluarga terbangun kerukanan dan keharmonisan. Sosialisasi kepada pemilih pemula, sasarannya masyarakat yang usianya 17-21 tahun. Sosialisasi kepada pemilih pemuda,sasarnya masyarakat yang usianya tidak lebih dari 30 tahun. Sosialisasi kepada marjinal, sasaran utamanya masyarakat yang kekurangan sumber daya dan kurang paham dunia politik sehingga perlu diberi pemahaman. Sosialisasi kepada komunitas, sasaran utamanya masyarakat yang mempunyai komunitas seperti pecinta mobil besar, dan group band. Sosialisasi kepada pemilih perempuan, sasarannya kepada ibu rumah tangga agar nanti juga berpengaruh terhadap kehidupan keluarga. Sosialisasi kepada pemilih berkebutuhan khusus, sasarnya masyarakat yang sudah tinggal di pedasaan yang sangat jauh untuk mendapatkan informasi. Sosialisasi kepada warga internet, sasarannya masyarakat yang berada di warnet setiap hari. Sosialisasi kepada komunitas peduli demokrasi, sasarannya agar informasi mengenai pendidikan demokrasi tersampai dengan baik serta bisa dipahami. KPU Sumenep berhasil mengcover seluruh masyarakat pedesaan dan kepulauan serta melibatkan tokoh- tokoh agama mendorong umatnya pada pemilu 2019. Hambatannya yaitu secara eksteren, secara interen, kurangnya dukungan finansial untuk sosialisasi, kurangnya respon masyarakat dalam sosialisasi, dan keterbatasan sumber daya manusia.
Kata kunci : KPU, Strategi, Pemilu 2019
ABSTRACT
STRATEGY SOCIALIZATION OF SUMENEP COMMISSION FOR GENERAL ELECTION (KPU) IN PRESSING GOLPUT NUMBERS IN 2019 ELECTION
Name : Masriawan
Study program : S-1 PPKn
Department : PMP-KN
Faculty : Social Sciences and Law
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Agus Satmoko Adi, S.S., M.Si
The Sumenep General Election Commission succeeded in suppressing abstentions in the 2019 election with a participation rate of 81% and abstentions of 19%. This is a separate measure of the strategy used by the KPU Sumenep to suppress abstentions. The formulation of the problem in this study is (1) What is the socialization strategy of the Sumenep Election Commission (KPU) in suppressing abstentions in the 2019 election, (2) What are the obstacles to the Sumenep General Election Commission (KPU) when disseminating the number of abstentions in the 2019 election. This study aims to (1) find out the socialization strategy of the Sumenep General Election Commission (KPU) in suppressing abstentions in the 2019 election, (2) to find out the obstacles to the Sumenep General Election Commission (KPU) when disseminating the number of abstentions in the 2019 election.
This research is qualitative descriptive with primary data sources and secondary data. Data collection techniques in the form of interviews with informants, documentation, and observation. The location of the research was at the Sumenep district general removal commission office at Jl. Asta Tinggi No.99 Sumenep Zoo.
The results of qualitative research show the implementation of the socialization strategy in suppressing abstentions in the 2019 election by Sumenep Regency. With socialization to market traders, which are very large in number so that election information can be widely conveyed. Socialization to fishermen, the reason is that fishing communities are limited in accessing information, especially those on the coastal shore. Dissemination to adat, the aim of which was the socialization delivered by democratic volunteers to traditional arts groups, as well as community leaders, adat in the Sumenep village and kelurahan. Dissemination to persons with disabilities, the main target of persons with disabilities who have the right to vote. Dissemination to the family, so that later in the family awakened confusion and harmony. Dissemination to beginner voters, the target is people who are 17-21 years old. Dissemination to youth voters, it is targeted that the community is not more than 30 years old. Socialization to the marginal, the target is mainly people who lack resources and lack of understanding of the political world so that they need to be given an understanding. Socialization to the community, the main target is the community that has communities such as big car lovers, and band groups. Dissemination to female voters, the goal is for housewives so that later it will also affect family life. Dissemination to voters with special needs, it is targeted that the people who have lived in remote areas are to get information. Socialization to internet citizens, the target is the people who are in the internet cafe every day. Socialization to the community cares about democracy, the goal is that information about democratic education is well and comprehensible. KPU Sumenep managed to cover all rural and island communities and involved religious leaders to encourage their followers in the 2019 election. The obstacles were externally, internally, lack of financial support for socialization, lack of public response to socialization, and limited human resources.
Keywords: KPU, Strategy, 2019 Election