STRATEGI MANAJEMEN MEDIA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL SUARA SIDOARJO 100.9 FM DALAM MEMPERTAHANKAN JUMLAH PENDENGAR
Media Management Strategies of Local Public Broadcasting Institutions Radio Suara Sidoarjo 100.9 FM in Maintaining Number of Listeners
ABSTRAK
Nama : Risky Amalia Anggraini
NIM : 14041184038
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Jurusan : Ilmu Sosial
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Awang Dharmawan, S. Ikom., M.A
Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Suara Sidoarjo atau disebut juga LPPL merupakan lembaga penyiaran yang berbentuk badan hukum yang didirikan oleh Pemerintah Sidoarjo sejak tahun 1971. Suara Sidoarjo memiliki frekuensi 100.9 FM mengawali siarannya sebagai radio hiburan, dimana sebagian besar programnya berisi musik dan promosi. Namun sejak tahun 2017, Suara Sidoarjo harus mengubah format siarannya menjadi radio news. Dimana segala informasi tentang Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya akan disiarkan disana. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen media Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Suara Sidoarjo 100.9 FM dalam mempertahankan jumlah pendengarnya. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Suara Sidoarjo 100,9 FM menggunakan tiga strategi dalam mempertahankan jumlah pendengarnya. Strategi tersebut yaitu strategi kekuatan content, strategi mendekati audiens, dan strategi capital. Dari hasil tersebut dapat disarankan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo agar terus melibatkan dan memberitahukan setiap acara atau kegiatan yang dilakukan, agar LPPL Radio Suara Sidoarjo juga dapat memberitakan setiap kegiatan tersebut kepada public. Saran lain juga diberikan untuk LPPL Radio Suara Sidoarjo agar lebih mengenalkan dan mensosialisasikan program-program baru yang komunikatif secara menyeluruh, agar segmentasi yang dituju lebih luas lagi.
Kata Kunci: Strategi Manajemen Media, Lembaga Penyiaran Publik Lokal, Radio, Suara Sidoarjo, Jumlah Pendengar,
ABSTRACT
Name : Risky Amalia Anggraini
Student Number : 14041184038
Study Program : Communications Studies
Department : Social Sciences
Faculty : Social Sciences and Law
University : State University of Surabaya
Supevisor : Awang Dharmawan, S. Ikom., M.A
Local Public Broadcasting Institutions Radio Suara Sidoarjo or also known as LPPL is a broadcasting institution in the form of a legal entity established by the Sidoarjo Government since 1971. Suara Sidoarjo has a frequency at 100.9 FM, starting its broadcast as entertainment radio, where most of its programs contain music and promotions. But since 2017, Suara Sidoarjo has to change its broadcast format to become radio news. Where all information about Sidoarjo Regency and its surroundings will be broadcast there. This research conducted aiming to find out the media management strategy of the Local Public Broadcasting Institute of Radio Suara Sidoarjo 100.9 FM in maintaining the number of its listeners. To complete this study a qualitative descriptive approach method was used. Techniques that use to collect the data are done by interview, direct observation, and documentation. The results of this study indicate that the Local Public Broadcasting Institution Radio Suara Sidoarjo 100.9 FM uses three strategies in maintaining the number of listeners. These strategies are content strength strategy, approaching audience strategy, and capital strategy. From these results it can be suggested to the Sidoarjo Regency Government to continue to involve and notify every event or activity carried out, so that LPPL Radio Suara Sidoarjo can also inform each of these activities to the public. Other suggestions are also given to LPPL Radio Suara Sidoarjo to better introduce and socialize new communicative programs as a whole, so that the intended segmentation is wider.
Key Word : Media Management Strategy, Local Public Broadcasting Institution, Radio, Suara Sidoarjo, Number of Listeners