CHINESE CONSONANT AND VOWEL PRONUNCIATION ERRORS IN CHI OLALA VIDEO
Belajar bahasa asing terutama bahasa Mandarin tentu akan mempunyai kesulitan tersendiri, inilah sebabnya yang menjadikan setiap pembelajar melakukan kesalahan-kesalahan saat mempelajari bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sebuah pendekatan deskriptif. Sumber data menggunakan video yang terdapat dari channel youtube Chi Olala. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik simak, teknik catat dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesalahan pelafalan konsonan dan vokal bahasa Mandarin yang terdapat dalam video channel youtube Chi Olala dan faktor-faktor kesalahan yang menjadi penyebab kesalahan berbahasa dalam video Chi Olala. Dilihat dari hasil penelitian video channel youtube Chi Olala dapat diketahui responden melakukan kesalahan berbahasa kategori linguistik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sembilan kesalahan pengucapan bunyi konsonan pada bahasa Mandarin. Kesalahan pelafalan bunyi konsonan tersebut yaitu [b], [p], [d], [t], [g], [k], [q], [z], [ch]. Pada bunyi vokal bahasa Mandarin ditemukan kesalahan oleh responden yaitu [a],[u],[ian] sebanyak lima kesalahan. Kesalahan berbahasa pelafalan pada konsonan terbanyak terdapat pada [b], [d], [t], [g]. Kemudian kesalahan pelafalan konsonan paling sedikit yaitu pada [p], [k], [q], [ch], [z]. Kesalahan berbahasa vokal terbanyak yaitu [u] sedangkan kesalahan pelafalan vokal paling sedikit yaitu [a] dan [ian]. Total keseluruhan kesalahan pelafalan pada video Chi Olala sebanyak dua puluh sembilan kesalahan dalam tujuh video. Mengapa responden melakukan kesalahan karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan adalah karena faktor lingkungan yaitu berkaitan dengan bahasa ibu yaitu terpengaruh oleh bahasa Jawa dan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa responden dan juga berkaitan dengan sarana dan prasarana belajar responden. Faktor psikologis yaitu berkaitan dengan konsentrasi, responden merasa kesulitan dalam setiap pelafalan bahasa Mandarin karena pelafalan bahasa Mandarin berbeda dengan pelafalan bahasa Indonesia.
Kata Kunci: kesalahan berbahasa, pelafalan, video, chi olala.
Learning a foreign language, especially Mandarin, will certainly have its own difficulties, this is why every learner makes mistakes when learning Mandarin. This research is a qualitative research using a descriptive approach. The data source uses videos from Chi Olala's youtube channel. Data collection techniques used observation techniques, listening techniques, note-taking techniques and interviews. This study aims to describe how the Chinese consonant and vowel pronunciation errors are found in Chi Olala's youtube video channel and the error factors that cause language errors in Chi Olala's video. Judging from the results of the research on Chi Olala's YouTube video channel, it can be seen that respondents made language errors in the linguistic category. Based on the results of the study, nine consonant pronunciation errors were found in Mandarin. The pronunciation errors of the consonants are [b], [p], [d], [t], [g], [k], [q], [z], [ch]. Respondents found errors in the Chinese vowel sounds, namely [a],[u],[ian] as many as five errors. The most common pronunciation errors in consonants are [b], [d], [t], [g]. Then the fewest consonant pronunciation errors are in [p], [k], [q], [ch], [z]. The most vowel errors were [u] while the least vowel pronunciation errors were [a] and [ian]. The total number of pronunciation errors in Chi Olala's video is twenty-nine errors in seven videos. Why respondents make mistakes because there are several factors that cause errors are due to environmental factors, namely related to the mother tongue, which is influenced by Javanese and Indonesian which are the respondent's language and also relates to the respondents' learning facilities and infrastructure. Psychological factors, which are related to concentration, respondents find it difficult to pronounce Mandarin because Chinese pronunciation is different from Indonesian pronunciation.
Keywords: language errors, pronunciation, video, chi olala.