Ketunarunguan berdampak pada perkembangan keterampilan bahasa, khususnya keterampilan menulis kalimat tunggal. Karakteristik belajar siswa tunarungu bersifat visual, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang selaras dengan karakteristik tersebut. Mind mapping merupakan metode belajar yang sederhana, kreatif dan bersifat visual sehingga mendukung terhadap pembelajaran siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan mind mapping terhadap keterampilan menulis siswa tunarungu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis pre experimental one group pre test – post test. Populasi penelitian ini siswa SDLB-B Negeri Banyuwangi kelas IV dan V, dengan sampel keseluruhan dari populasi yang berjumlah 8 siswa sehingga sampel yang digunakan disebut sampel populasi. Variabel bebas penelitian ini adalah metode mind mapping , dan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data dengan tes, yaitu pre test dan post test. Selanjutnya hasil data yang diperoleh melalui tes dihitung dengan rumus uji Wilcoxon match pair test.
Berdasarkan hasil analisis data statistik non parametric menggunakan rumus uji Wilcoxon, diketahui Zhitung dengan hasil 2,52 lebih besar dari Ztabel dengan nilai kritis 5% = 1,96. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan mind mapping terhadap keterampilan menulis siswa tunarungu.
Kata kunci : Mind mapping, keterampilan menulis, siswa tunarungu
Deafness has an impact on the development of language skills, specifically the skill of writing single sentences. Learning characteristics of deaf students are visual, so they require learning methods that are in harmony with these characteristics. Mind mapping is a simple, creative and visual learning method that can support learning for deaf students. This study aims to prove the existence of a significant influence on the application of mind mapping to the writing skills of deaf students.
This study uses quantitative, pre-experimental one group pre-post test types. The population of this study was Banyuwangi State Elementary School-B students class IV and V, with a total sample of a population of 8 students so that the sample used was called a population sample. The independent variable of this study is the mind mapping method, while the variables taken are writing skills of deaf students. The technique of collecting data with tests is the pre test and post test. Furthermore, the results of the data obtained through tests were calculated using the test pair Wilcoxon test formula.
Based on the results of non parametric statistical data analysis using the Wilcoxon test formula, it is known that Tvalue is 2.52 which is more than Tcritical which found the value of 5% = 1.96. This concluded that there is a significant effect on the application of mind mapping to the writing skills of deaf students.
Keywords : Mind mapping, writing skills, deaf students