Argumentasi merupakan proses memperkuat suatu klaim dengan analisis berpikir kritis berdasarkan dukungan data bukti dan alasan yang logis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran ADI, pengaruh model ADI terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik, serta respon peserta didik terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu True Experimental Design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran ADI terlaksana dengan sangat baik. Terdapat perbedaan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, didukung dengan nilai gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai gain sebesar 0,17 dengan kategori rendah. Respon peserta didik didapatkan secara statistik yaitu terdapat 3 faktor yang terbentuk dari melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik dengan penerapan model pembelajaran model ADI dengan persentase kumulatif 71,179%.
Kata kunci : Pembelajaran ADI, Kemampuan Argumentasi Ilmiah
Argumentation is the process of strengthening a claim by analyzing critical thinking based on the support of evidence data and logical reasons. This study aims to describe the implementation of the ADI learning model, the effect of the ADI model on the ability of students 'scientific argumentation, and students' responses to the learning model applied. The type of research used is True Experimental Design. Data collection methods used are observation, tests, and questionnaires. The results showed that ADI learning was carried out very well. There is a difference in the ability of scientific argumentation of students in the experimental class and the control class, supported by a gain value of 0.49 with the moderate category in the experimental class, while the control class gets a gain of 0.17 with a low category. Student responses were obtained statistically namely there are 3 factors formed from practicing the students' scientific argumentation abilities by applying the ADI learning model with a cumulative percentage of 71,179%.
Keywords: ADI learning, patterns of scientific argument ability