ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PERENCANAAN PRODUK KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Nama : Suci Indah Sari
Nim : 15080324021
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Niaga
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., M.SM
Media pembelajaran berisi berbagai informasi yang tersaji berupa suara maupun tulisan yang dikemas secara menarik untuk memfokuskan pandangan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan menciptakan media belajar yang dapat dimanfaatkan peserta didik kelas X SMK. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate, hanya saja penelitian ini sampai pada tahap Develop. Instrument penelitian terdiri dari lembar validasi materi, lembar validasi media dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan media berbasis komik digital memperoleh kelayakan validasi materi sebesar 85%, kelayakan validasi media memperoleh kelayakan sebesar 81%, sedangkan respon peserta didik kelompok kecil memperoleh kelayakan sebesar 85% dan untuk respon peserta didik kelompok besar memperoleh kelayakan sebesar 85%. Dengan demikian media berbasis komik digital dikatakan sangat layak dan dapat digunakan media alternatif dalam proses kegiatan belajar mengajar pada matari menganalisis perencanaan produk kelas X di sekolah menengah kejuruan.
Kunci: Media pembelajaran, komik digital.
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON DIGITAL COMIC IN BASIC COMPETENCE ANALYSIS OF PRODUCT PLANNING CLASS X BDP IN SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Name : Suci Indah Sari
Study Program : S1 Bussines Education
Department : Economic Education
Faculty : Economic
Instution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd.,M.SM
Learning media contains informations that presented in the form of sound or writing with interestingly packaged to focus students' views on learning. This study aims to create learning media that can be utilized by students of class X vocational school. This study used 4D development models namely Define, Design, Develop, Disseminate, but this research limited only to the Develop stage. The research instrument consisted of material validation sheets, media validation sheets and student questionnaire responses. Based on the results of research and discussion of digital comic-based media, the validity of the material was 85%, the validity of media was 81%, while the validity of the responses of small group students gained 85% and the large group students got 85%. Thus digital comic-based media are said to be very feasible and the alternative media can be used in the process of teaching and learning activities on the material of analysis product planning in X grade of vocational high schools.
Keywords: Learning media, digital comics.