Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 2 Nganjuk tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Ketiga kelas tersebut diberi perlakuan yang sama yaitu diterapkannya model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran dan analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan uji-t berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi momentum dan impuls terlaksana dengan sangat baik; 2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik terlatih ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang.
Kata kunci : problem based learning, kemampuan pemecahan masalah
This study aims to describe the implementation of learning activities and students' problem solving abilities. The type of research used was pre-experimental with the design of one group pre-test post-test. The subjects of this study were students of SMAN 2 Nganjuk in the 2018/2019 academic year consisting of one experimental class and two replication classes. The three classes were given the same treatment, namely the implementation of a problem based learning model. The research method used is the method of observation and testing. The data analysis technique used is the analysis of the implementation of learning and analysis of the improvement of problem solving skills with paired and n-gain t-tests. The results showed that: 1) the application of the problem based learning learning model to the momentum and impulse material was carried out very well; 2) the problem solving skills of trained students are indicated by an increase in problem solving abilities in the medium category.
Keyword : problem based learning, problem solving ability