STUDI DESKRIPTIF STRATEGI MENGAJAR GURU TK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TK TUNAS BANGSA BANYUURIP TUBAN
DESCRIPTIVE STUDY OF KINDERGARTEN TEACHERS' TEACHING STRATEGY ON BEGINNING READING ABILITY AT TUNAS BANGSA KINDERGARTEN, BANYUURIP TUBAN
Kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK Tunas Bangsa tidak merata, ada yang belum dan sudah mengenal huruf vokal maupun konsonan, ada yang bisa membaca suku kata bahkan ada yang sudah lancar membaca buku cerita. Tujuan penelitian penelitian untuk mengetahui kemampuan membaca anak di kelompok A TK Tunas Bangsa Banyuurip. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis menurut Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan tujuh dari sebelas anak belum memenuhi standar kemampuan membaca usia 4-5 tahun. Hal ini dikarenakan metode buku yang diterapkan untuk membaca permulaan tidak sesuai dengan tahap-tahap membaca permulaan menurut Chall. Oleh karena itu, guru perlu mencari metode yang menguatkan pada pengenalan huruf vokal dan bentuk huruf agar anak bisa membaca dan benar dalam penyebutan bunyi. Hendaknya peneliti selanjutnya membuat modul yang sesuai dengan tahapan membaca permulaan anak usia dini jenis penelitian pengembangan.
The initial reading ability of children in group A of Tunas Bangsa Kindergarten is uneven, some have not and have recognized vowels and consonants, some can read syllables and some have even read storybooks fluently. The purpose of the research study was to determine the reading ability of children in group A of Tunas Bangsa Banyuurip Kindergarten. This type of research is descriptive qualitative through observation, interviews and documentation with analysis techniques according to Miles and Huberman. The results showed that seven out of eleven children had not met the standard of reading ability for 4-5 years old. This is because the book method applied for beginning reading is not in accordance with the stages of beginning reading according to Chall. Therefore, teachers need to find methods that strengthen the introduction of vowels and letter shapes so that children can read and be correct in mentioning sounds. Future researchers should make modules that are in accordance with the stages of early reading in early childhood in the type of development research.