Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi gaya berorientasi pendekatan kontekstual yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini di laksanakan dengan menggunakan empat tahapan dari model 4-D yaitu tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan) dan disseminate (Penyebaran) dan di uji cobakan dikelas IV SDN Jajartunggal III Surabaya, SDN Pakis 1 Surabaya dan SDN Manukan Kulon pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan One-Group-Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Valid sesuai dengan penilaian ketiga validator, 2) Praktis sesuai dengan penilian dari kedua pengamat terlihat dari aktifitas siswa meningkat pada setiap pertemuan dan keterlaksanaan RPP, 3) Efektif terlihat dari adanya perbedaan antara hasil pretets dan posttest hasil belajar siswa dan respon positif siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar materi gaya berorientasi pada pendekatan kontekstual valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
The study aims to produce material-oriented, practical, and effective contextual approach materials to enhance the learning outcomes of elementary school students. The research was carried out using four phases of the 4-D model. Which is the level of stage define (definition), design, develop and disseminate (dissemination) and in the test of class IV SDN Jajartunggal III Surabaya, SDN Pakis 1 Surabaya, and SDN Manukan Kulon in the even semester School year 2018/2019 with One-Group-Pretest-Posttest Design Data analysis techniques use quantitative and qualitative descriptive analytical techniques. The results showed: 1) Valid in accordance with the third assessment of the validator, 2) practical according to the assessment of both observers visible from the student, activities increased at each meeting and implementation of RPP, 3) effectively visible from the existence of the Difference between results pretest and posttest student learning results and student's positive response. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the development of material style materials oriented on a contextual approach is valid, practical and effective to improve the learning outcomes of elementary school students.