Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
Proses berpikir kritis merupakan suatu tahapan yang menggunakan keterampilan berpikir untuk membantu seseorang dalam menciptakan, menilai, dan menarik kesimpulan sesuai dengan keyakinan yang dimiliki meliputi empat tahap yaitu pengenalan (Recognition), analisis (Analysis), evaluasi (Evaluation), dan alternatif penyelesaian (Thinking about alternative). Proses berpikir kritis seseorang dapat dilihat melalui kegiatan pemecahan masalah matematika. Ada beberapa aspek yang memengaruhi proses berpikir kritis seseorang diantaranya adalah adanya perbedaan gaya kognitif. Gaya kognititf yang digunakan adalah gaya kognitif reflektif dan impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses berpikir kritis siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang siswa kelas X yang memiliki gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif dengan kemampuan matematika setara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif melewati 4 tahap proses dari berpikir kritis yaitu Pengenalan, Analisis, Evaluasi, dan Memikirkan Alternatif Penyelesaian. Soal dipecahkan siswa dengan langkah-langkah yang sistematis, rinci, cermat, dan jelas meskipun waktu yang dibutuhkan cenderung lama. Pada tahap Evaluasi dan Memikirkan Alternatif Penyelesaian, siswa kembali memeriksa jawaban secara teliti dan memikirkan alternatif jawaban yang lain meskipun ketika mencobanya, masih belum sampai pada hasil akhir. Sedangkan siswa bergaya kognitif impulsif hanya melalui 2 proses berpikir kritis, yaitu Pengenalan, dan Analisis. Siswa memecahkan soal dengan langkah-langkah singkat, kurang jelas, tidak beralasan logis, meskipun waktu yang dibutuhkan cenderung cepat. Pada tahap Evaluasi dan Memikirkan alternatif penyelesaian, siswa tidak berpikir untuk memeriksa kembali atau memikirkan cara lain untuk menyelesaikan soal.
Kata Kunci: Proses berpikir kritis, Masalah matematika, Gaya kognitif reflektif dan impulsif
The critical thinking process is a stage that uses thinking skills to help someone in creating, assessing, and drawing conclusions following their beliefs, including four stages, namely the introduction (Recognition), analysis (Analysis), evaluation (Evaluation), and alternative solutions (Thinking about alternatives). A person's critical thinking process can be seen through mathematical problem-solving activities. Several aspects affect a person's critical thinking process, including differences in cognitive style. The Cognitive styles used are reflective and impulsive cognitive styles. The goal of this research is to describe high school students' critical thinking processes in solving mathematics problems in terms of reflective and impulsive cognitive styles. This study uses a qualitative method and is descriptive research. The participants in this study were two grade X students with similar mathematics abilities who had a reflective cognitive style and an impulsive cognitive style. According to the findings of this study, students that have a reflective cognitive style pass through 4 stages of critical thinking processes, namely Introduction, Analysis, Evaluation, and Thinking of Alternative Solutions. Problems are solved by students with systematic, detailed, careful, and clear steps, although the time it takes tends to belong. At the Evaluation stage and Thinking of Alternative Solutions, students re-examine the answers carefully and think about other alternative answers even though when they try, they still haven't arrived at the final result. Meanwhile, students with impulsive cognitive style only go through 2 critical thinking processes, namely introduction and analysis. Students solve problems with short, unclear, unreasonable steps, even though the time required tends to be fast. At the Evaluation and Thinking stage of alternative solutions, students do not think to re-examine or think of other ways to solve the problem.
Keywords: Critical thinking process, mathematical problem, reflective and impulsive cognitive style