KREATIFITAS DAN KOLABORASI SISWA YANG DI TERAPKAN DALAM MENGEMBANGKAN LEARNING MEDIA
STUDENTS’ CREATIVITY AND COLLABORATION EMPLOYED IN DEVELOPING LEARNING MEDIA
Kreativitas dan kolaborasi menjadi salah satu target yang dicapai dalam pembelajaran saat ini. Walau bagaimanapun, kreativitas dan kolaborasi tidak banyak digalakkan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa inggris. Siswa mengalami kesulitan apabila dituntut untuk berpikir kreatif dan berkolaborasi. Oleh sebab itu, siswa perlu dilatih untuk terbiasa menggunakan kreativitas dan kolaborasi. Guru perlu mengembangkan aktivitas di kelas untuk meningkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa. Aktivitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan kolaborasi salah satunya adalah pengembangan media belajar. Dikarenakan banyak guru dan murid bahasa inggris yang tidak sadar bahwa pengembangan media pembelajaran oleh siswa dan untuk siswa dapat berkontribusi dalam pengembangan kreativitas dan kolaborasi, Penelitian ini ditujukan untuk mencari tahu bagaimana learning media dapat mengembangkan kreativitas dan kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti kegiatan pengembangan learning media di kelas secara berkelompok yang dilakukan oleh 20 mahasiswa pendidikan bahasa inggris di universitas terkenal di surabaya. Selain itu, media pembelajaran siswa yang telah dikumpulkan itu sendiri juga diteliti. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang mengambil program learning media saja. Data yang digunakan diperoleh dari observasi serta interview. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu pengorganisasian dan pembiasaan, persandian dan pengurangan, serta penginterpretasian dan penyajian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari sekian banyak indikator kreativitas, kombinasi ide dari berbagai macam sumber, pemahaman materi, pemecahan masalah dan kegunaan dari learning media itu sendiri menjadi point yang selalu muncul dalam mengembangkan media pembelajaran. Sedangkan dari indikator kolaborasi, diskusi, pembagian tugas dan saling membantu adalah hal yang menonjol dalam mengembangkan media pembelajaran. Indikator kreativitas dan kolaborasi terlihat berbeda-beda di setiap group berdasarkan jenis learning media itu sendiri, yaitu: audio, visual, audio visual dan multimedia. Learning media yang lebih rumit dan membutuhkan waktu lama akan memunculkan indikator kreativitas dan kolaborasi lebih sering. Selain itu hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memberi tugas untuk mengembangkan learning media, siswa sangat terbantu dalam melatih kreativitas dan kolaborasi serta memiliki pemahaman lebih terhadap materi.
Creativity and collaboration are known as two of the learning objectives in today’s teaching and learning process. However, creativity and collaboration have not been highly promoted in the teaching and learning process. Students experience difficulties when demanded to think creatively and collaboratively. Therefore, students need to be trained to get used to thinking creatively and collaboratively. Students’ creativity and collaboration can actually be explored and developed through the activities in developing learning media. Regarding that there are many people, especially English teachers or teachers candidate and students, in Indonesia who have not been aware of how developing learning media by students to students contributes in the development of creativity and collaboration, so the aim of this research is describing how creativity and collaboration are exposed by students in developing their learning media. This study was qualitative research that observed students’ activities when developing learning media in a group by 20 English Education students in a reputable university in Surabaya. Moreover, learning media that has been submitted to the lecturer were also observed. This research was limited to learners who registered in learning media class. The data were gained through observation and interview section. The data were analyzed through three steps. They are organizing and familiarizing, coding and reducing, and interpreting and representing. Result of this study figures out that a combination of ideas from various sources such as book, web platform, people and students’ experiences, understanding of the material, problem-solving, and the use of learning media itself were creativity indicators that always appear in developing learning media. While discussion, sharing task and helping each other were prominent collaboration indicators in developing learning media. In addition, the results of this study stated that by giving assignments to develop learning media, students are greatly helped in practicing creativity and collaboration and have a better understanding of the material.