Tulisan ini fokus membahas tentang media pembelajaran. Topik utama yang diangkat adalah pengaruh pembelajaran educandy terhadap hasil belajar kognitif sejarah siswa SMAN 3 Sidoarjo. Tujuan utama dari artikel ini adalah Untuk menjelaskan pengaruh antara metode pembelajaran educandy terhadap hasil belajar kognitif siswa- siswi SMAN 3 Sidoarjo dalam pembelajaran sejarah. Artikel ini juga bertujuan Untuk menjelaskan kontribusi pembelajaran educandy terhadap hasil belajar kognitif siswa-siswi SMAN 3 Sidoarjo dalam pembelajaran sejarah. Alasan mengapa menulis artikel ini, karena media pembelajaran merupakan bagian dari perubahan pandemi covid 19. Selanjutnya mengapa harus mengunakan media digital karena pada saat covid 19 diharuskan pembelajaran dari rumah, tidak diperkenankan tatap muka. Maka dari itu solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan yaitu media pembelajaran educandy. Ada beberapa temuan yang menjadi hasil karya tulis ini yang pertama terdapat pengaruh pembelajaran educandy terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dengan uji normalitas diperoleh signifikansi 0.629. Hal tersebut menandakan bahwa data tersebut nilainya > Pada 0,05, determinan uji Kolmogorov-Smirnov dapat menyimpulkan bahwa data terdistribusi normal uji linearitas nilai Sig. adalah 0,603. Untuk nilai Sig. 0,603 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier yang signifikan antara materi pembelajaran educandy dengan hasil belajar kognitif siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Educandy, Hasil Belajar Kognitif Siswa, Pelajaran Sejarah.
This paper focuses on discussing learning media. The main topic raised is the effect of educandy learning on the cognitive learning outcomes of students at SMAN 3 Sidoarjo. The main purpose of this article is to explain the effect of the educandy learning method on the cognitive learning outcomes of the students of SMAN 3 Sidoarjo in learning history. This article also aims to explain the contribution of educandy learning to the cognitive learning outcomes of students at SMAN 3 Sidoarjo in learning history. The reason why writing this article is because learning media is part of the changes in the covid 19 pandemic. Then why should you use digital media because at the time of covid 19 you are required to learn from home, face-to-face is not allowed. Therefore, the solution to these problems is by using learning media. One of the learning media that can be used is educandy learning media. There are several findings that became the result of this paper. First, there is the effect of educandy learning on cognitive learning outcomes as evidenced by the normality test, which obtained a significance of 0.629. This indicates that the data value is > At 0.05, the determinant of the Kolmogorov-Smirnov test can conclude that the data is normally distributed in the linearity test of the Sig value. is 0.603. For the value of Sig. 0.603 > 0.05, it can be concluded that there is a significant linear relationship between educandy learning materials and students' cognitive learning outcomes.
Keywords: Educational Learning Media, Student Cognitive Learning